PENGARUH SIFAT-SIFAT TERMODINAMIKA UDARA DAN LARUTAN ZAT GARAM TERHADAP LAJU PERUBAHAN KOROSI PADA BAJA KARBON RENDAH

Phata Nabhani -

Abstract


Sebagian besar bangunan sarana dan prasarana fisik menggunakan bahan logam baja  untuk memperkuat konstruksinya. Bangunan tersebut dapat berlokasi di daerah dengan lingkungan yang ekstrim, dalam arti pada lokasi tersebut banyak mengandung kandungan unsur yang bersifat korosif seperti di daerah pantai, di daerah bekas tanah rawa, daerah bekas tempat pembuangan sampah, daerah yang mempunyai kadar polusi tinggi, daerah yang curah hujannya tinggi, daerah kawasan industri dan lain sebagainya. Baja tersebut sangat rentan terhadap pengaruh unsur kimia yang dapat menyebabkan korosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sifat termodinamika udara dan kandungan larutan zat garam terhadap laju pertumbuhan korosi.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksprimen, ada tiga perlakuan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) udara terbuka/atmosfer, (2) suhu ruangan dan (3) suhu udara dingin. Ketiga perlakuan tersebut diberikan air laut, larutan zat garam 5%, 10%, 15% dan ammonia. Pengukuran laju korosi menggunakan metoda kehilangan berat yang diberlakukan pada baja karbon rendah dengan profil pipa dan besi strip.

Hasil penelitian terlihat bahwa uji laju korosi baja karbon rendah dalam wadah udara terbuka yang paling tinggi yaitu pada kandungan garam 15%: pipa = 0,16925 mmpy dan besi strip = 0,33695 mmpy, dan korosi pada baja karbon rendah yang terendah adalah pada suhu dingin yaitu larutan ammonia: pipa = 0,00528 mmpy dan besi strip = 0,00780 mmpy. Disimpulkan bahwa sifat termodinamika udara dan larutan zat garam dapat mempengaruhi laju korosi. Semakin tinggi stemperatur udara dan larutan zat garam maka tinggi pula laju korosinya, demikian pula sebaliknya. Penggunaan baja karbon harus memperhatikan lingkungan tempat logam berada. Keadaan lingkungan juga harus diperhatikan guna memilih logam yang tepat pada kondisi lingkungan tersebut. Pencegahan laju korosi harus dilakukan guna menghambat laju korosi pada logam.

Kata kunci : sifat termodinamika udara, larutan zat garam, laju korosi.


Full Text:

 Subscribers Only