ANALISA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA MALAS PADA PROSES PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Nur Rohman -

Abstract


Penelitian ini adalah mengarah kedalam masalah sosial di sekolah SMK Negeri 1 Pariaman  yakni untuk mengetahui faktor dan penyebab siswa malas untuk belajar di kelas X TKR 1. Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah karena banyak terlihat indikasi-indikasi siswa malas belajar sebelum penulis melakukan penelitian, misalnya (1) siswa tidak mau atau menunda untuk mengerjakan tugas, (2) siswa selalu datang terlambat, (3) membolos di tengah jam pelajaran (4) siswa tidak fokus dalam proses pembelajaran. Untuk mengumpulkan data penelitian, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, Ini di pilih dengan pertimbangan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai gejala, peristiwa, dan kejadian dalam sistem sosial. Dalam pengumpulan data di lapangan sebagai latar atau objek penelitian adalah SMK Negeri 1 Pariaman. Peneliti menggunakan 3 cara : (1) observasi/pengamatan, (2) wawancara, (3) studi dokumen. Sedangkan untuk subyek penelitian (informan) peneliti menjadikan guru mata pelajaran satu orang (informan 1), wakil kepala sekolah bidang kurikulum satu orang (informan 2), guru bimbingan konseling satu orang (informan 3), dan siswa sebanyak sembilan orang (informan 4). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Banyak siswa memang kurang sadar dan bertanggung jawab untuk belajar di karenakan sekolah di SMK Negeri 1 Pariaman gratis, belum lagi faktor salah masuk jurusan, tidak adanya motivasi diri untuk belajar, bahkan beberapa siswa tidak tahu manfaat dari mata pelajaran alat ukur ini.  Meskipun banyak faktor yang di sebabkan dari luar siswa (eksternal) tetapi faktor dari dalam diri siswa inilah yang membuat  kemauan untuk belajarnya masih kurang..

Kata kunci : (Malas Belajar Siswa)


Full Text:

 Subscribers Only