HUBUNGAN MINAT KEJURUAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA SISWA DI WORKSHOPPEMESINAN SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

Ahmad Sukri -

Abstract


Disiplin kerja merupakan peran penting bagi siswa untuk memasuki dunia kerja, disiplin kerja siswa tidak hanya dibentuk oleh penguasaan kompetensi saja tetapi juga kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Untuk mengatasi permasalahan disiplin kerja yang ada tidak lepas dari peran minat kejuruan dan keselamatan kerja siswa dalam bekerja. Penelitian ini mengungkapkan hubungan minat kejuruan dan keselamatan kerja terhadap disiplin kerja siswa Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa dengan teknik random sampling. Angket penelitian telah disusun dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara (a) Minat kejuruan dengan disiplin kerja (0,361); (b) Keselamatan kerja dengan disiplin kerja (0,345); (c) Minat kejuruan dan keselamatan kerja dengan disiplin kerja (0,388). Implikasi penelitian ini adalah Disiplin kerja dapat ditingkatkan melalui minat kejuruan dan keselamatan kerja. Kata kunci :( hubungan, minat kejuruan, keselamatan kerja, disiplin kerja)


Full Text:

 Subscribers Only