KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT LAS TIG JURUSAN PENGELASAN DAN FABRIKASI LOGAM SMK NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH

Martin Basten -

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu kesulitan belajar siswa kelas II Jurusan Pengelasan dan
Pabrikasi Logam SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, hubungan cara belajar
dengan hasil belajar dan untuk mengetahui besarnya hubungan yang diberikan oleh motivasi
belajar dan cara belajar dengan hasil belajar siswa Jurusan Pengelasan dan Fabrikasi Logam
SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa Jurusan Pengelasan dan Fabrikasi Logam
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jumlah populasi
seluruhnya 165 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 37 orang yang tersebar
dalam 2 kelas. Teknik analisis digunakan korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Kontribusi motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 34.4%. 2)
Kontribusi cara belajar dengan hasil belajar sebesar 16.3%. 3) Kontribusi motivasi belajar
dan cara belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar sebesar 46.0%.
Kata Kunci: Kontribusi, Motivasi Belajar, Cara Belajar, dan Hasil Belajar

Full Text:

 Subscribers Only