HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN MATA DIKLAT PRATIKUM PEMBUBUTAN DASAR DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

Andi Fedra -

Abstract


Penelitian ini berawal dari hasil belajar siswa yang masih belum optimal.
Hal ini disebabkan oleh faktor kebiasaan belajar siswa yang masih rendah, bisa
dilihat dari kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini
bertujuan mengungkapkan hubungan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar
siswa kelas X dalam mata diklat Pratikum Pembubutan Dasar di Jurusan Teknik
Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa Kelas I Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi Tahun ajaran
2011/2012 sebanyak 90 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 48 orang
diperoleh menggunakan metode proportional random sampling. Data primer
penelitian dikumpulkan melalui angket yang di sebarkan kepada
sampel/responden penelitian. Data sekunder di dapatkan dengan cara meminta
langsung kepada guru yang mengajar Pratikum Pembubutan Dasar teknik mesin
di lokal yang menjadi sampel penelitian. Data yang dikumpul tersebut lalu
dianalisis secara statistik dengan teknik korelasi dengan menggunakan program
SPSS versi 16.0.
Hasil dari analisis data di peroleh nilai r hitung = 0,413 yang berarti bahwa
terdapat hubungan yang cukup kuat antara kebiasaan belajar terhadap hasil
belajar. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar
merupakan faktor yang dapat memberikan kontribusi terhadap hasil belajar.
Akhirnya disarankan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses kegiatan
belajar mengajar dan memberdayakan kebiasaan belajar siswa khususnya dalam
mata diklat Pratikum Pembubutan Dasar di Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1
Bukittinggi.
Kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar, pembubutan dasar

Full Text:

 Subscribers Only