PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGELOLAAN KELAS OLEH MAHASISWA PPLK SEBAGAI GURU DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

Surya Ramadhan -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa mengenai
pengelolaan kelas oleh mahasiswa PPLK sebagai guru di SMK Negeri 1
Bukittinggi dari kondisi sosio-emosional, kemampuan akademik guru dan
keterampilan dalam pengelolaan kelas.Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI SMK N 1 Bukittinggi yang berjumlah 300 orang.Penarikan sampel
menggunakan rumus Riduwan sehingga diperoleh sampel 75 orang dengan
Teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket,
sedangkan analisis data diperoleh dengan cara persentase. Uji coba instrumen
dilakukan terhadap 25 siswa. Untuk menentukan Validitas dan reliabilitas
instrument diperoleh dengan bantuan program SPSS Versi 16,00.Dengan taraf
signifikan 5%,diperoleh 12 item pertanyaan yang tidak valid dari 42 item
pertanyaan, yaitu dengan melihat nilai Cronboach’s Alpha yang diperoleh harga
sebesar 0,396 untuk variabel pengelolaan kelas.Hasil penelitian ini
mengungkapkan persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas oleh Mahasiswa di
SMK N 1 Bukittinggi adalah berada dalam kategori Baik.
Kata kunci: Persepsi, Pengelolaan Kelas, PPLK

Full Text:

 Subscribers Only