HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KONDISI SARANA BELAJAR GAMBAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENGGAMBAR DASAR TEKNIK PADA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 TILATANG KAMANG KAB. AGAM

Hendra Fernandes -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap kondisi sarana
gambar dengan hasil belajar mata diklat menggambar dasar teknik kelas. Penelitian ini terdiri
dari variabel bebas adalah persepsi siswa terhadap sarana gambar dan Variabel terikat adalah
hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 di SMK Negeri 1
Tilatang Kamang sebanyak 21 orang siswa. Pengumpulan data dari responden dilakukan
melalui angket penelitian. Dari hasil penelitian Besar kontribusi persepsi siswa terhadap
sarana belajar gambar terhadap hasil belajar adalah 23.6%, sedangkan 76.4% dipengaruhi
oleh faktor seperti intelegensi, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan lain-lain. maka diperoleh
harga koefisien korelasi sebesar 0.486
Kata Kunci: Persepsi siswa mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar

Full Text:

 Subscribers Only