HUBUNGAN KEBUTUHAN BERAFILIASI DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA WANITA DEWASA MADYA PENGGUNA INSTAGRAM

Gabriela Novera - Universitas Negeri Padang
Zulian Fikry - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study intends to find the correlation of need for affiliation and self disclosure on middle adult women instagram users. The samples in this research amounted to 50 middle adult women that using instagram. This study using snowball sampling techniques. Measuring instrument in this research was Self Disclosure Scale by Al-Kandari (2016) and Interpersonal Orientation Scale (IOS)by Hill (1987). The yield of this study showed the correlation value (r) is 0,263 with p value 0,065( p>0,05). This could be deduced that there’s no correlation of the need for affiliation and self disclosure on middle adult women that using instagram

Temuan ini ditujukan untuk mengetahui adakah korelasi kebutuhan berafiliasi dan pengungkapan diri pada wanita dewasa madya yang menggunakan instagram. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 50 orang wanita dewasa madya yang menggunakan instagram dengan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan skala pengungkapan diri oleh Al-Kandari (2016) dan Interpersonal Orientation Scale (IOS) oleh Hill (1987). Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi (r) = 0,263 dan nilai p = 0,065 (p > 0,05). Maka diberi simpulan dengan tidak ditemukannya korelasi kebutuhan berafiliasi dan pengungkapan diri pada wanita dewasa madya pengguna instagram.


Keywords


Need for affiliation, self disclosure; middle adult women; instagram users

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2020i3.9332