HUBUNGAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN APOTEK ANNISA DI LUBUK BASUNG

Hazief Azri - Universitas Negeri Padang
Suci Nio - Universitas Negeri Padang

Abstract


Relationship of service quality perception with consumer satisfaction of annisa pharmacy in Lubuk Basung. This study aims to determine the relationship between perceived service quality and consumer satisfaction Annisa Pharmacy in Lubuk Basung City. This research uses quantitative methods. The subjects of this study were 30 midwives and doctor customers of Annisa Lubuk Basung Pharmacy. The sampling technique used was purposive sampling. Data were collected using a scale of service quality perception and customer satisfaction scale. Data analysis using Product Moment Correlation Coefficient. Hypothesis test results showed significant results with a value of r = 0.652 with a value of p = 0.000 (p <0.01) which means that Ha is accepted and H0 is rejected. These results indicate that there is a significant positive relationship between perceived service quality and customer satisfaction at Annisa Pharmacy in Lubuk Basung City.

Hubungan persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen apotek annisa di Lubuk Basung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen Apotek Annisa di Kota Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah bidan dan dokter pelanggan Apotek Annisa Lubuk Basung sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala persepsi kualitas pelayanan dan skala kepuasan konsumen. analisis data menggunakan Product Moment Correlation Coefficient. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai r = 0,652 dengan nilai p = 0.000 (p < 0,01) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil ini memperlihatkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen Apotek Annisa di Kota Lubuk Basung.


Keywords


Perception of service quality; customer satisfaction; midwives; doctors

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i4.7575