HUBUNGAN REFERENCE GROUP DENGAN INTENSI BRAND SWITCHING MEREK TELEPON SELULER PADA MAHASISWA

Rahma Dani - Universitas Negeri Padang
Rinaldi Rinaldi - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to see the relationship between reference group and intention brand switching brand handphone on student collage pychology at State University of Padang. This study uses a quantitative correlational research design. The population in this study were students psychology State University of Padang with 150 students. The sampling technique used was random purposive sampling. The data collection tool using scale of reference group and intensi brand switching. The data analysis technique used is product moment correlation from Karl Pearson. The results of the study found a correlation coeffiecient (r) of 0.926 and p = 0,000 (p <0.01) which showed a significant positive relationship between reference group and intention brand switching brand handphone on student Pychology at State University of Padang. 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Hubungan Reference Group dengan Intensi Brand switching Merek Telepon Seluler Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian terdiri dari mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunkan teknik porpusive random sampling dengan mengambil subjek sebanyak 150 orang mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan skala reference group dan skala intensi brand switching. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dengan nilai rxy sebesar 0.926 dengan p=0.000 (p<0.01) menunjukkan hubungan yang positif signifikan antara reference group dengan intensi brand switching merek telepon seluler mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. 


Keywords


Reference group; intention brand switching; student collage

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.6885