Hubungan Absent Minded Scrolling Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Innaya Syafira - Universitas Negeri Padang
Rahayu Utami - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara absent minded scrolling dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2022 sampai 2024 Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain penelitian korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 310 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini skala prokrastinasi akademik diukur menggunakan skala Tuckman Procrastination Scale (TPS), yang sudah diadaptasi oleh Kurniati, sementara itu skala Absent Minded Scrooling diukur menggunakan skala Smartphone Use Questionnaire: Absent-Minded (SUQ-A) yang diadaptasi peneliti dari Marty-Dugas yang sudah dikembangkan oleh Eid. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman, dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25 for windows.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan absent minded scrolling dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Padang angkatan 2022 sampai 2024. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Spearman dengan koefisien Spearman sebesar 0,540 dan nilai signifikansi 0,000 yang berarti bahwa adanya korelasi positif antara absent minded scrolling dengan prokrastinasi akademik. Temuan ini juga menunjukan semakin tinggi absent minded scrolling maka semakin tinggi pula prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Padang angkatan 2022 sampai 2024. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa (H1) diterima, sedangkan (H0) ditolak.

Keywords


Absent minded scrolling; Prokrastinasi akademik; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


APJII, S. (2022). Survei Internet APJII 2022.

Bela, A., Thohiroh, S., Efendi, Y. R., & Rahman, S. (2023). Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi: review literatur. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 37–48.

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

de Segovia Vicente, D., Van Gaeveren, K., Murphy, S. L., & Vanden Abeele, M. M. P. (2024). Does mindless scrolling hamper well-being? Combining ESM and log-data to examine the link between mindless scrolling, goal conflict, guilt, and daily well-being. Journal of Computer-Mediated Communication, 29(1). https://doi.org/10.1093/jcmc/zmad056

Eid, A. (2022). Problematic, absent-minded social media scrolling, and mental health.

Kurniati, N. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada pengguna e-learning. Skripsi.

Lupinacci, L. (2021). ‘Absentmindedly scrolling through nothing’: liveness and compulsory continuous connectedness in social media. Media, Culture and Society, 43(2), 273–290. https://doi.org/10.1177/0163443720939454

Marty-Dugas, J. J. (2018). The Relation Between Smartphone Use and Everyday Inattention. 1–48.

Muhibbin, M., & Marfuatun, M. (2020). Urgensi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa. Educatio, 15(2), 69–80. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2714

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Neidi, A. W. (2021). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43142

Pangau, F. E., Astikasari, H., & Murti, S. (2024). Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(6), 3609–3616.

Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578

Puteri, N. V., & Magistarina, E. (2024). Kontribusi Kecanduan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Akhir Di Universitas Negeri Padang. CAUSALITA: Journal of Psychology, 2(2), 210–216.

Putri, N. A. (2024). Tren Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. https://osc.medcom.id/community/tren-penggunaan-media-sosial-di-kalangan-mahasiswa-6439

Rohana, F., Kristiani, K., & Wardani, D. K. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dukungan Orang Tua, dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Journal on Education, 6(1), 7895–7905. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4199

Saputri. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri 10 Ogan Ilir. Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Nias Selatan.

Saputri, R., & Utami, R. H. (2023). Pengaruh Information Overload Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(11), 4928–4933.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Suhadianto, N. P. (2020). EKSPLORASI FAKTOR PENYEBAB, DAMPAK DAN STRATEGI UNTUK PENANGANAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 193. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266

Svartdal, F., & Løkke, J. A. (2022). The ABC of academic procrastination: Functional analysis of a detrimental habit. Frontiers in Psychology, 13(November), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1019261

Syukra, S., & Pratama, M. (2023). Kontribusi Growth Mindset dan Stres Akademik terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24830–24840.

Tannia, L. N. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Saat sistem Pembelajaran Jarak Jauh. 4(4), 5203–5212.

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2), 473–480. https://doi.org/10.1177/0013164491512022

Tuckman, B. W. (2005). Relations of academic procrastination, rationalizations, and performance in a web course with deadlines. Psychological Reports, 96(3_suppl), 1015–1021.

Usop, D. S., & Astuti, A. D. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1782–1790. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.839

Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), 69–73.

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329

APJII, S. (2022). Survei Internet APJII 2022.

Bela, A., Thohiroh, S., Efendi, Y. R., & Rahman, S. (2023). Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi: review literatur. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 37–48.

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

de Segovia Vicente, D., Van Gaeveren, K., Murphy, S. L., & Vanden Abeele, M. M. P. (2024). Does mindless scrolling hamper well-being? Combining ESM and log-data to examine the link between mindless scrolling, goal conflict, guilt, and daily well-being. Journal of Computer-Mediated Communication, 29(1). https://doi.org/10.1093/jcmc/zmad056

Eid, A. (2022). Problematic, absent-minded social media scrolling, and mental health.

Kurniati, N. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada pengguna e-learning. Skripsi.

Lupinacci, L. (2021). ‘Absentmindedly scrolling through nothing’: liveness and compulsory continuous connectedness in social media. Media, Culture and Society, 43(2), 273–290. https://doi.org/10.1177/0163443720939454

Marty-Dugas, J. J. (2018). The Relation Between Smartphone Use and Everyday Inattention. 1–48.

Muhibbin, M., & Marfuatun, M. (2020). Urgensi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa. Educatio, 15(2), 69–80. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2714

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Neidi, A. W. (2021). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43142

Pangau, F. E., Astikasari, H., & Murti, S. (2024). Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(6), 3609–3616.

Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578

Puteri, N. V., & Magistarina, E. (2024). Kontribusi Kecanduan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Akhir Di Universitas Negeri Padang. CAUSALITA: Journal of Psychology, 2(2), 210–216.

Putri, N. A. (2024). Tren Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. https://osc.medcom.id/community/tren-penggunaan-media-sosial-di-kalangan-mahasiswa-6439

Rohana, F., Kristiani, K., & Wardani, D. K. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dukungan Orang Tua, dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Journal on Education, 6(1), 7895–7905. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4199

Saputri. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri 10 Ogan Ilir. Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Nias Selatan.

Saputri, R., & Utami, R. H. (2023). Pengaruh Information Overload Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(11), 4928–4933.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Suhadianto, N. P. (2020). EKSPLORASI FAKTOR PENYEBAB, DAMPAK DAN STRATEGI UNTUK PENANGANAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 193. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266

Svartdal, F., & Løkke, J. A. (2022). The ABC of academic procrastination: Functional analysis of a detrimental habit. Frontiers in Psychology, 13(November), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1019261

Syukra, S., & Pratama, M. (2023). Kontribusi Growth Mindset dan Stres Akademik terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24830–24840.

Tannia, L. N. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Saat sistem Pembelajaran Jarak Jauh. 4(4), 5203–5212.

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2), 473–480. https://doi.org/10.1177/0013164491512022

Tuckman, B. W. (2005). Relations of academic procrastination, rationalizations, and performance in a web course with deadlines. Psychological Reports, 96(3_suppl), 1015–1021.

Usop, D. S., & Astuti, A. D. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1782–1790. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.839

Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), 69–73.

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v8i1.17352