Hubungan Absent Minded Scrolling Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII, S. (2022). Survei Internet APJII 2022.
Bela, A., Thohiroh, S., Efendi, Y. R., & Rahman, S. (2023). Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi: review literatur. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 37–48.
Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415
de Segovia Vicente, D., Van Gaeveren, K., Murphy, S. L., & Vanden Abeele, M. M. P. (2024). Does mindless scrolling hamper well-being? Combining ESM and log-data to examine the link between mindless scrolling, goal conflict, guilt, and daily well-being. Journal of Computer-Mediated Communication, 29(1). https://doi.org/10.1093/jcmc/zmad056
Eid, A. (2022). Problematic, absent-minded social media scrolling, and mental health.
Kurniati, N. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada pengguna e-learning. Skripsi.
Lupinacci, L. (2021). ‘Absentmindedly scrolling through nothing’: liveness and compulsory continuous connectedness in social media. Media, Culture and Society, 43(2), 273–290. https://doi.org/10.1177/0163443720939454
Marty-Dugas, J. J. (2018). The Relation Between Smartphone Use and Everyday Inattention. 1–48.
Muhibbin, M., & Marfuatun, M. (2020). Urgensi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa. Educatio, 15(2), 69–80. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2714
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Neidi, A. W. (2021). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43142
Pangau, F. E., Astikasari, H., & Murti, S. (2024). Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(6), 3609–3616.
Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578
Puteri, N. V., & Magistarina, E. (2024). Kontribusi Kecanduan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Akhir Di Universitas Negeri Padang. CAUSALITA: Journal of Psychology, 2(2), 210–216.
Putri, N. A. (2024). Tren Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. https://osc.medcom.id/community/tren-penggunaan-media-sosial-di-kalangan-mahasiswa-6439
Rohana, F., Kristiani, K., & Wardani, D. K. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dukungan Orang Tua, dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Journal on Education, 6(1), 7895–7905. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4199
Saputri. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri 10 Ogan Ilir. Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Nias Selatan.
Saputri, R., & Utami, R. H. (2023). Pengaruh Information Overload Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(11), 4928–4933.
Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65
Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
Suhadianto, N. P. (2020). EKSPLORASI FAKTOR PENYEBAB, DAMPAK DAN STRATEGI UNTUK PENANGANAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 193. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266
Svartdal, F., & Løkke, J. A. (2022). The ABC of academic procrastination: Functional analysis of a detrimental habit. Frontiers in Psychology, 13(November), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1019261
Syukra, S., & Pratama, M. (2023). Kontribusi Growth Mindset dan Stres Akademik terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24830–24840.
Tannia, L. N. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Saat sistem Pembelajaran Jarak Jauh. 4(4), 5203–5212.
Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2), 473–480. https://doi.org/10.1177/0013164491512022
Tuckman, B. W. (2005). Relations of academic procrastination, rationalizations, and performance in a web course with deadlines. Psychological Reports, 96(3_suppl), 1015–1021.
Usop, D. S., & Astuti, A. D. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1782–1790. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.839
Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), 69–73.
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329
APJII, S. (2022). Survei Internet APJII 2022.
Bela, A., Thohiroh, S., Efendi, Y. R., & Rahman, S. (2023). Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi: review literatur. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 37–48.
Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415
de Segovia Vicente, D., Van Gaeveren, K., Murphy, S. L., & Vanden Abeele, M. M. P. (2024). Does mindless scrolling hamper well-being? Combining ESM and log-data to examine the link between mindless scrolling, goal conflict, guilt, and daily well-being. Journal of Computer-Mediated Communication, 29(1). https://doi.org/10.1093/jcmc/zmad056
Eid, A. (2022). Problematic, absent-minded social media scrolling, and mental health.
Kurniati, N. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada pengguna e-learning. Skripsi.
Lupinacci, L. (2021). ‘Absentmindedly scrolling through nothing’: liveness and compulsory continuous connectedness in social media. Media, Culture and Society, 43(2), 273–290. https://doi.org/10.1177/0163443720939454
Marty-Dugas, J. J. (2018). The Relation Between Smartphone Use and Everyday Inattention. 1–48.
Muhibbin, M., & Marfuatun, M. (2020). Urgensi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Di Kalangan Mahasiswa. Educatio, 15(2), 69–80. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2714
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
Neidi, A. W. (2021). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43142
Pangau, F. E., Astikasari, H., & Murti, S. (2024). Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(6), 3609–3616.
Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578
Puteri, N. V., & Magistarina, E. (2024). Kontribusi Kecanduan Media Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Akhir Di Universitas Negeri Padang. CAUSALITA: Journal of Psychology, 2(2), 210–216.
Putri, N. A. (2024). Tren Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. https://osc.medcom.id/community/tren-penggunaan-media-sosial-di-kalangan-mahasiswa-6439
Rohana, F., Kristiani, K., & Wardani, D. K. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dukungan Orang Tua, dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Journal on Education, 6(1), 7895–7905. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4199
Saputri. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri 10 Ogan Ilir. Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Nias Selatan.
Saputri, R., & Utami, R. H. (2023). Pengaruh Information Overload Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(11), 4928–4933.
Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65
Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
Suhadianto, N. P. (2020). EKSPLORASI FAKTOR PENYEBAB, DAMPAK DAN STRATEGI UNTUK PENANGANAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 193. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266
Svartdal, F., & Løkke, J. A. (2022). The ABC of academic procrastination: Functional analysis of a detrimental habit. Frontiers in Psychology, 13(November), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1019261
Syukra, S., & Pratama, M. (2023). Kontribusi Growth Mindset dan Stres Akademik terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24830–24840.
Tannia, L. N. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Saat sistem Pembelajaran Jarak Jauh. 4(4), 5203–5212.
Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2), 473–480. https://doi.org/10.1177/0013164491512022
Tuckman, B. W. (2005). Relations of academic procrastination, rationalizations, and performance in a web course with deadlines. Psychological Reports, 96(3_suppl), 1015–1021.
Usop, D. S., & Astuti, A. D. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1782–1790. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.839
Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), 69–73.
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v8i1.17352


