Gambaran Regulasi Emosi pada Mahasiswa dengan Banyak Peran
Abstract
Mahasiswa yang berperan di berbagai aspek kehidupan sering mengalami konflik peran, memicu berbagai emosi, termasuk yang bersifat negatif. Dalam menghadapi kompleksitas ini, pengaturan emosi menjadi kunci penting untuk mengendalikan dan menyesuaikan perasaan sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini berfokus pada pemahaman mendalam tentang cara mahasiswa mengelola emosi dalam konteks peran ganda. Dengan melibatkan tiga partisipan yang dipilih dengan sengaja melalui purposive sampling, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus dan pendekatan tematik menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan sepuluh tema terkait regulasi emosi pada mahasiswa dengan banyak peran, di mana setiap mahasiswa menonjolkan tema berbeda dengan variasi subtema. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas regulasi emosi dan cara mahasiswa mengatasi serta mengelola emosi dalam konteks peran ganda mereka. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menyoroti tantangan mahasiswa dalam mengelola peran ganda, tetapi juga memberikan pandangan yang lebih luas tentang dinamika emosional yang terlibat dalam konflik peran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, A. (2018). Pengertian Organisasi Dan Teori Organisasi. Malang : Media Nusa Creative
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis In Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. http://dx.doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Bytamar, M, J., Saed, O., & Khakpoor, S. (2020). Emotion Regulation Difficulties and
Academic Procrastination. Frontiers in Psychology, 11, 1–9.
https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.524588
Kumala. K. H., & Darmawanti, I. (2022). Strategi Regulasi Emosi pada Mahasiswa dengan Banyak Peran.
Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 19–29. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/46151
Effendhie, M. (2019). Organisasi Tata Letak dan Lembaga Kearsipan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. E-ISBN 9786023925919
Fitriyani. (2019). Konsep Organisasi Pendidikan Dalam Pemberdayaan Sekolah. El-
Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 61-80. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.105
Gross, J. J. (2014). Handbook of Emotion Regulation (2nd ed.). New York : Guilford Press.
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan
Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73.
https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80
Landa, I. (2018). Emotion Regulation Variability and Adjustment Among College Students. Washington University Open Scholarship, https://doi.org/10.7936/9wjz-8165
Moleong, L, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung
Pe, M. L., Raes, F., & Kuppens, P. (2013). The Cognitive Building Blocks of Emotion
Regulation: Ability to Update Working Memory Moderates the Efficacy of
Rumination and Reappraisal on Emotion. PLOS ONE, 8(7).
https://doi.org/10.1371/journal.pone.0069071.
Rachmah, D. N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki
Peran Banyak. Jurnal Psikologi, 42(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpsi.6943
Sun, Y., & Nolan, C. (2021). Emotion Regulation Strategies and Stress in Irish College
Students and Chinese International College Students in Ireland. Journal of
International Students, 11(4), 853–873. https://doi.org/10.32674/jis.v11i4.2516
Sirajuddin, S. (2016). Analisis Data Kualitatif. Bandung : Penerbit Pustaka Ramadhan.
Saragih, J. H., Valentina, T. D., & Psi, S. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 246–255.
Thompson, R. A. (1994). Emotion Regulation: A Theme In Search of Definition.
Monographs Of The Society For Research In Child Development, 59(2–3), 25–
https://doi.org/10.2307/1166137
Yani, D. A. (2020). Pengaruh Peer Attachment Terhadap Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi Daerah (Publikasi No. 201610230311022). [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang].
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v7i1.15697