Gambaran Regulasi Emosi pada Mahasiswa dengan Banyak Peran

Ferdi Fauzi - Universitas Negeri Padang
Aura Fitriani - Universitas Negeri Padang
Atila Sanggerti - Universitas Negeri Padang
Febby Rahmawati - Universitas Negeri Padang
Muhammad Poeni - Universitas Negeri Padang

Abstract


Mahasiswa yang berperan di berbagai aspek kehidupan sering mengalami konflik peran, memicu berbagai emosi, termasuk yang bersifat negatif. Dalam menghadapi kompleksitas ini, pengaturan emosi menjadi kunci penting untuk mengendalikan dan menyesuaikan perasaan sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini berfokus pada pemahaman mendalam tentang cara mahasiswa mengelola emosi dalam konteks peran ganda. Dengan melibatkan tiga partisipan yang dipilih dengan sengaja melalui purposive sampling, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus dan pendekatan tematik menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan sepuluh tema terkait regulasi emosi pada mahasiswa dengan banyak peran, di mana setiap mahasiswa menonjolkan tema berbeda dengan variasi subtema. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas regulasi emosi dan cara mahasiswa mengatasi serta mengelola emosi dalam konteks peran ganda mereka. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menyoroti tantangan mahasiswa dalam mengelola peran ganda, tetapi juga memberikan pandangan yang lebih luas tentang dinamika emosional yang terlibat dalam konflik peran.


Keywords


Regulasi Emosi, Mahasiswa Dengan Banyak Peran, Emosi Negatif.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, A. (2018). Pengertian Organisasi Dan Teori Organisasi. Malang : Media Nusa Creative

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis In Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. http://dx.doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Bytamar, M, J., Saed, O., & Khakpoor, S. (2020). Emotion Regulation Difficulties and

Academic Procrastination. Frontiers in Psychology, 11, 1–9.

https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.524588

Kumala. K. H., & Darmawanti, I. (2022). Strategi Regulasi Emosi pada Mahasiswa dengan Banyak Peran.

Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 19–29. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/46151

Effendhie, M. (2019). Organisasi Tata Letak dan Lembaga Kearsipan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. E-ISBN 9786023925919

Fitriyani. (2019). Konsep Organisasi Pendidikan Dalam Pemberdayaan Sekolah. El-

Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 61-80. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.105

Gross, J. J. (2014). Handbook of Emotion Regulation (2nd ed.). New York : Guilford Press.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas

Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan

Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73.

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Landa, I. (2018). Emotion Regulation Variability and Adjustment Among College Students. Washington University Open Scholarship, https://doi.org/10.7936/9wjz-8165

Moleong, L, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung

Pe, M. L., Raes, F., & Kuppens, P. (2013). The Cognitive Building Blocks of Emotion

Regulation: Ability to Update Working Memory Moderates the Efficacy of

Rumination and Reappraisal on Emotion. PLOS ONE, 8(7).

https://doi.org/10.1371/journal.pone.0069071.

Rachmah, D. N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki

Peran Banyak. Jurnal Psikologi, 42(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpsi.6943

Sun, Y., & Nolan, C. (2021). Emotion Regulation Strategies and Stress in Irish College

Students and Chinese International College Students in Ireland. Journal of

International Students, 11(4), 853–873. https://doi.org/10.32674/jis.v11i4.2516

Sirajuddin, S. (2016). Analisis Data Kualitatif. Bandung : Penerbit Pustaka Ramadhan.

Saragih, J. H., Valentina, T. D., & Psi, S. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 246–255.

Thompson, R. A. (1994). Emotion Regulation: A Theme In Search of Definition.

Monographs Of The Society For Research In Child Development, 59(2–3), 25–

https://doi.org/10.2307/1166137

Yani, D. A. (2020). Pengaruh Peer Attachment Terhadap Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi Daerah (Publikasi No. 201610230311022). [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang].




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v7i1.15697