Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja K-Popers

Rahma Lubis - Universitas Negeri Padang
Farah Aulia - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract : This research aims to determine the effect of celebrity worship on consumptive behavior in adolescent K-Popers. The design used in this research is quantitative correlational type. The sample in this researchwere teenage K-Popers in Indonesia using purposive sampling technique. This study uses simple regression analysis techniques to analyze research data. Based on the results of data processing, the regression value is .000 (p< . 01) which indicates that there is a significant relationship between the two variables. In addition, it is known that there is a positive influence between celebrity woship and consumptive behavior. This shows that the higher the celebrity worship, the higher the consumptive behavior of teenange K-Popers.

Abstrak: Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif pada remaja K-Popers. Desain yang digunakan pada riset ini yaitu kuantitatif berjenis korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah remaja K-Popers yang berada di Indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana untuk menganalisis data penelitian. Berdasarkan hasil olah data, diperoleh nilai regresi sebesar .000 (p< .01) yang menandakan bahwa terhadapt hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Selain itu diketahui adanya pengaruh positif antara celebrity worship dan perilaku konsumtif. Hal tersebut menunjukkan bahwa apabila semakin tinggi celebrity worship maka semakin tinggi juga perilaku konsumtif yang dilakukan remaja K-Popers.


Keywords


Perilaku konsumtif, celebrity worship, K-Popers.

Full Text:

PDF

References


Achmada, L., & Sadewo, F. S. (2014). Pola perilaku konsumtif pecinta Korea di Korea Lovers Surabaya Community (Kloss Community). Paradigma, 2(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9407

Andraini, W. H. (2019). Pengaruh tingkatan celebrity worship terhadap perilaku konsumtif remaja dalam pembelian produk yang berkaitan dengan idola. [Skripsi, Universitas Negeri Jakarta].

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (II). Pustaka Pelajar.

Charistia, A. J., Matulessy, A., & Pratitis, N. (2022). Perilaku konsumtif ditinjau dari kontrol diri dan celebrity worship penggemar NCT. INNER : Journal of Psychological Research, 2(1), 96–107. https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/485

Fromm, E. (1995). Masyarakat yang sehat. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Gulo, D. (2021). Hubungan celebrity worship dengan perilaku konsumtif siswa penggemar k-pop di SMK negeri 1 percut sei tuan.

Hariadi, D. P. S., & Rahmawati, A. (2022). Celebrity Worship Dan Perilaku Konsumtif Remaja Penggemar K-Pop. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(September), 3680–3691.

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Irvani, S. P., Mahmudi, I., & Triningtyas, D. A. (2022). Pengaruh celebrity worship dan konformitas teman sebaya terhadap compulsive buying mahasiswa penggemar k-pop. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 6(1), 36–45.

Malahayati, S. (2018). Hubungan Antara kesepian dan celebrity worship pada Penggemar K-pop dewasa awal. [Skripsi, Universitas Airlangga].

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95(4), 411–428. https://doi.org/10.1348/0007126042369794

Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. (2003). A clinical interpretation of attitudes and behaviors associated with celebrity worship. Journal of Nervous and Mental Disease, 191(1), 25–29. https://doi.org/10.1097/00005053-200301000-00005

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan : meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v7i1.15539