Psikoedukasi non-training melalui leaflet untuk meningkatkan pengetahuan self-management pada mahasiswa tingkat awal
Abstract
Abstrak: Psikoedukasi Non-Training Melalui Leaflet untuk Meningkatkan Pengetahuan Self-Management Pada Mahasiswa Tingkat Awal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pengetahuan self-management pada mahasiswa tingkat awal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh melalui treatment berupa media pembelajaran leaflet yang disusun berdasarkan teori self-management oleh Cormier dan cormier (1991). Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuasi eksperimen dengan pendekatan one group pretest-postest design. Data pada penelitian ini diperoleh berdasarkan alat ukur soal tes pengetahuan self-management yang diberikan kepada 84 subjek yang merupakan mahasiswa tingkat awal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh. Penentuan subjek pada penelitian ini berdasarkan metode purposive sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan pada subjek tentang self-management. Hal ini telihat dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil uji hipotesis (wilcoxon) diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebanyak 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberian treatment berupa media pembelajaran leaflet self-management terhadap peningkatan pengetahuan self-management mahasiswa tingkat awal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 11–24.
Anjani, W. S., Arumasari, C., & Imaddudin, A. (2020). Pelatihan Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 4(1), 41–56.
Ayala, J. C., & Manzano, G. (2018). Academic Performance of First-Year University Students: The Influence of Resilience and Engagement. Higher Education Research and Development, 37(7), 1–15. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1502258
Berutu, D. A. T., Iramadhani, D., & Astuti, W. (2022). Validasi Psikoedukasi Melalui Media Video Untuk Menigkatkan Pengetahuan Self Management Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Malikussaleh. Universitas Malikussaleh.
Cormier, W. H., & Cormier, L. S. (1991). Interviewing Strategies for Helpers: Fundamental Skills and Cognitive Behavioral Interventions (Third Edit). Brooks/Cole Publishing Company.
Efendi, D. H., Sandayanti, V., & Hutasuhut, A. F. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. ANFUSINA: Journal of Psychology, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.24042/ajp.v3i1.6046
Ernawati. (2018). Reading Day (One Book One Person): Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Perwujudan Budaya Baca di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 13–20. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art2
Hartati. (2020). Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Suami Tentang Program Keluarga Berencana pada Unmet Need. In Universitas Hasanuddin Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.
Hidayat, M. Y. (2017). Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri (Self-Management) Terhadap Kedisiplinan Belajar dan Kreativitas Berpikir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 30–39.
Himpunan Psikologi Indonesia. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia.
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik, 02(1), 73–80.
Iramadhani, D., & Andayani, B. (2018). Validasi Buku Panduan MANDIRI Untuk Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Mengajarkan Keterampilan Makan Anak Tunagrahita. Universitas Gajah Mada.
Kholidah, E., & Alsa, a. (2012). Berpikir Positif untuk Menurunkan Stres Psikologis. Jurnal Psikologi, 39(1), 67–75. http://jurnal.psikologi.ugm.ac.id/index.php/fpsi/article/view/180
Knowles, M. (1975). Self-Directed Learning: A Guide for Learners and Teachers. Follet Publishing Company.
Lestari, D. E., Haryanti, T., & Igiany, P. D. (2021). Efektivitas Media Leaflet untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswi Tentang Sadari. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(2), 148–154. https://doi.org/10.15294/jppkmi.v2i2.52431
Masthura, R., Yuniwati, C., & Ramli, N. (2019). Efektivitas Lembar Balik dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). SAGO: Gizi Dan Kesehatan, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.30867/gikes.v1i1.283
Priyatno, D. (2011). Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. MediaKom.
Qolbi, R., & Iramadhani, D. (2021). Validasi Psikoedukasi Melalui Media Video dan Leaflet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Goal Setting Pada SantrI MTs di Yayasan Islamic Center Sumatera Utara. In Universitas Malikussaleh. Universitas Malikussaleh.
Sabarudin, Mahmudah, R., Ruslin, Aba, L., Nggawu, L. O., Syahbudin, Nirmala, F., Saputri, A. I., & Hasyim, M. S. (2020). Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online Melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Covid-19 di Kota Baubau. Jurnal Farmasi Galenika, 6(2), 309–318. https://doi.org/10.22487/j24428744.2020.v6.i2.15253
Saputra, A. J., & Tandedi, M. (2021). Tingkat Pengetahuan dan Kesadaran Berperilaku K3 Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Internasional Batam. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.30630/jirs.v18i1.515
Siregar, S. G. S. H., & Iramadhani, D. (2021). Validasi Video Metode Pembelajaran PBIS (Positive Behavior Interventions Support) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru Non PLB di SLB Kota Lhokseumawe. Universitas Malikussaleh.
Umari, T., & Rosmawati. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Cerdas Mahasiswa FKIP Universitas Riau Pekanbaru. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(2), 118–126.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v6i2.14496