Celebrity Worship dan Perilaku Imitasi Pada Idola K-Pop
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship pada idola K-Pop dengan perilaku imitasi pada dewasa awal. Sebanyak 200 K-Popers usia 18 – 40 tahun dengan minimal durasi pengidolaan 1 tahun menjadi partisipan penelitian. Data dikumpulkan menggunakan Skala Perilaku Imitasi yang mengacu pada aspek-aspek Hergenhahn dan Olson (2009) serta Skala Celebrity Worship yang mengacu pada aspek-aspek Sheridan dkk. (2007) dengan alat ukur yang berupa skala likert. Korelasi product moment dari Karl Pearson digunakan sebagai teknik analisis data pada penelitian ini. Hasilnya menunjukan bahwa celebrity worship pada idola K-Pop memiliki hubungan positif yang signifikan dengan perilaku imitasi pada dewasa awal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ancok, J., & Suryanto. (1997). Agresi penonton sepak bola. Jurnal BPPS UGM, 10(A1), 102–112.
Annisa, Hermaleni, T., & Nio, S. (2018). Hubungan celebrity worship dengan perilaku imitasi pada dewasa awal pengguna instagram. Jurnal Riset Psikologi, 2(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i4.4335
Ayu, N. W. R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran celebrity corship pada penggemar K-Pop. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 203–210. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i3.9858
Creswell, J. W. (2008). Educational research, planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Education Inc.
Creswell, J. W. (2014). Research desain, qualitative, quantitative, and mixed methods approcahes (Fourth Edi). Sage Publications.
Gerungan, W. . (2015). Psikologi sosial. PT. Refika Aditama.
Gumelar, S. A., Almaida, R., & Laksmiwati, A. A. (2021). Dinamika psikologis fangirl K-Pop. Cognicia, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059
Hadi, S. (2015). Metodologi riset. Pustaka pelajar.
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2009). Theories of learning (teori belajar) edisi ketujuh (Edisi 7). Jakarta Kencana.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Erlangga. https://doi.org/0070314500 9780070314504
Kartikasari, M. P., & Yenny. (2017). Pengaruh drama india di antv terhadap perilaku imitasi ibu-ibu rumah tangga di kelurahan kedung baruk Surabaya. Kajian Media, 1(2), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkm.v1i2.420
Kusuma, N. (2013). Hubungan celebrity worship terhadap idola k-pop (korean pop) dengan perilaku imitasi pada remaja [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120999/
Maltby, J., & Day, L. (2011). Celebrity worship and incidence of elective cosmetic surgery: Evidence of a link among young adults. Journal of Adolescent Health, 49(5), 483–489. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2010.12.014
Marbun, F. H., & Azmi, A. (2019). Perilaku imitasi komunitas penggemar K-Pop di kota Padang. Journal of Civic Education, 2(3), 251–259. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24036/jce.v2i4.221
McCutcheon, L., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454
Raviv, A., Bar-Tal, D., Raviv, A., & Ben-Horin, A. (1996). Adolescent idolization of pop singers: Causes, expressions, and reliance. Journal of Youth and Adolescence, 25(5), 631–650. https://doi.org/10.1007/BF01537358
Riduwan, A. (2011). Rumus dan data dalam aplikasi statistika. Alfabeta.
Sansone, R. A., & Sansone, L. A. (2014). “I’m your number one fan”— A clinical look at celebrity worship. Innovations in Clinical Neuroscince, 11(1–2), 39–43.
Santoso, S. (2009). Dinamika kelompok (Revisi). Bumi Aksara.
Santrock, J. W. (2002). Life-span development : Perkembangan masa hidup (Edisi 5). Erlangga.
Santrock, J. W. (2013). Life-span development : Perkembangan masa hidup (Edisi 13). Erlangga.
Sheridan, L., North, A., Maltby, J., & Gillett, R. (2007). Celebrity worship, addiction and criminality. Psychology, Crime and Law, 13(6), 559–571. https://doi.org/10.1080/10683160601160653
Sherly, Y. (2018). Hubungan antara celebrity worship dengan perilaku imitasi pada remaja. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Valentina, A., & Istriyani, R. (2013). Gelombang globalisasi ala Korea Selatan. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(2), 71–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jps.v2i2.30017
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v5i4.13780