Celebrity Worship dan Perilaku Imitasi Pada Idola K-Pop

Stefhani Khrisnadestya - Mercu Buana Yogyakarta University
Sowanya Prahara - Mercu Buana Yogyakarta University

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship pada idola K-Pop dengan perilaku imitasi pada dewasa awal. Sebanyak 200 K-Popers usia 18 – 40 tahun dengan minimal durasi pengidolaan 1 tahun menjadi partisipan penelitian. Data dikumpulkan menggunakan Skala Perilaku Imitasi yang mengacu pada aspek-aspek Hergenhahn dan Olson (2009) serta Skala  Celebrity Worship yang mengacu pada aspek-aspek Sheridan dkk.  (2007) dengan alat ukur yang berupa skala likert. Korelasi product moment dari Karl Pearson digunakan sebagai teknik analisis data pada penelitian ini. Hasilnya menunjukan bahwa celebrity worship pada idola K-Pop memiliki hubungan positif yang signifikan dengan perilaku imitasi pada dewasa awal.


Keywords


celebrity worship; dewasa awal; k-pop; k-popers; perilaku imitasi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ancok, J., & Suryanto. (1997). Agresi penonton sepak bola. Jurnal BPPS UGM, 10(A1), 102–112.

Annisa, Hermaleni, T., & Nio, S. (2018). Hubungan celebrity worship dengan perilaku imitasi pada dewasa awal pengguna instagram. Jurnal Riset Psikologi, 2(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2018i4.4335

Ayu, N. W. R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran celebrity corship pada penggemar K-Pop. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 203–210. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i3.9858

Creswell, J. W. (2008). Educational research, planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Education Inc.

Creswell, J. W. (2014). Research desain, qualitative, quantitative, and mixed methods approcahes (Fourth Edi). Sage Publications.

Gerungan, W. . (2015). Psikologi sosial. PT. Refika Aditama.

Gumelar, S. A., Almaida, R., & Laksmiwati, A. A. (2021). Dinamika psikologis fangirl K-Pop. Cognicia, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059

Hadi, S. (2015). Metodologi riset. Pustaka pelajar.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2009). Theories of learning (teori belajar) edisi ketujuh (Edisi 7). Jakarta Kencana.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Erlangga. https://doi.org/0070314500 9780070314504

Kartikasari, M. P., & Yenny. (2017). Pengaruh drama india di antv terhadap perilaku imitasi ibu-ibu rumah tangga di kelurahan kedung baruk Surabaya. Kajian Media, 1(2), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkm.v1i2.420

Kusuma, N. (2013). Hubungan celebrity worship terhadap idola k-pop (korean pop) dengan perilaku imitasi pada remaja [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120999/

Maltby, J., & Day, L. (2011). Celebrity worship and incidence of elective cosmetic surgery: Evidence of a link among young adults. Journal of Adolescent Health, 49(5), 483–489. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2010.12.014

Marbun, F. H., & Azmi, A. (2019). Perilaku imitasi komunitas penggemar K-Pop di kota Padang. Journal of Civic Education, 2(3), 251–259. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24036/jce.v2i4.221

McCutcheon, L., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454

Raviv, A., Bar-Tal, D., Raviv, A., & Ben-Horin, A. (1996). Adolescent idolization of pop singers: Causes, expressions, and reliance. Journal of Youth and Adolescence, 25(5), 631–650. https://doi.org/10.1007/BF01537358

Riduwan, A. (2011). Rumus dan data dalam aplikasi statistika. Alfabeta.

Sansone, R. A., & Sansone, L. A. (2014). “I’m your number one fan”— A clinical look at celebrity worship. Innovations in Clinical Neuroscince, 11(1–2), 39–43.

Santoso, S. (2009). Dinamika kelompok (Revisi). Bumi Aksara.

Santrock, J. W. (2002). Life-span development : Perkembangan masa hidup (Edisi 5). Erlangga.

Santrock, J. W. (2013). Life-span development : Perkembangan masa hidup (Edisi 13). Erlangga.

Sheridan, L., North, A., Maltby, J., & Gillett, R. (2007). Celebrity worship, addiction and criminality. Psychology, Crime and Law, 13(6), 559–571. https://doi.org/10.1080/10683160601160653

Sherly, Y. (2018). Hubungan antara celebrity worship dengan perilaku imitasi pada remaja. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Valentina, A., & Istriyani, R. (2013). Gelombang globalisasi ala Korea Selatan. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(2), 71–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jps.v2i2.30017




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v5i4.13780