HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA

Jeilani Putra - Universitas Negeri Padang
Mario Pratama - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract: The Relationship between achievement motivation and social laofing in students. This study aims to determine the relationship between achievement motivation and social loafing in students. This study uses a quantitative method with a correlational quantitative design. The subjects in this study were 41 Bidikmisi students who were on campus V Bukittinggi, Padang State University who studied for more than 4 years, sampling technique using purposive sampling technique. The data collection method in this study used the social loafing scale and the achievement motivation scale. The data is processed using product moment correlation. The results of hypothesis testing obtained r = -.787 and p value = .000 (p = <.01). This shows that there is a significant negative relationship between achievement motivation and social loafingBidikmisi students at Campus V Bukittinggi, Padang State University.

 

Abstrak: Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Social Loafing Pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan social loafing pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 41 mahasiswa Bidikmisi yang berada di kampus V Bukittinggi Universitas Negeri Padang yang kuliah lebih dari 4 tahun, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala social loafing dan skala motivasi berprestasi. Data diolah menggunakan korelasi product moment. Hasil dari uji hipotesis diperoleh r = -.787 dan nilai p = .000 (p=<.01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan social loafing pada mahasiswa bidikmisi kampus V Bukittinggi Universitas Negeri Padang.


Keywords


Social loafing; motivasi berprestasi; mahasiswa bidikmisi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2021i4.12731