PENGARUH PENGGUNAAN INTAKE MANIFOLD TIPE X TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG CO DAN HC PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z TAHUN 2008

Fitri Adnan -
Martias Martias -
Andrizal Andrizal -

Abstract


Intake manifold pada sepeda motor berfungsi sebagai wadah menyalurkan aliran campuran bahan bakar dan udara yang homogen ke dalam silinder. Intake manifold type X merupakan salah satu jenis varian intake manifold yang dipercaya dapat menciptakan aliran yang homogen ke ruang bakar. Pengujian konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan HC dilakukan pada putaran 1400 Rpm, 1600 Rpm, 1800 Rpm, 2000 Rpm, dan 2200 Rpm. Dengan menggunakan intake manifold standar dan intake manifold tipe X. Pengambilan data dilakukan 3 kali pada setiap putaran.

Hasil penelitian untuk lima putaran diperoleh rata-rata yang signifikan. Hasil penelitian dihitung menggunakan t tes, untuk konsumsi bahan bakar diperoleh t hitung = 5,878, CO = 26,648 dan HC = 7,801. Karena t hitung lebih besar dari ttabel (2,132), maka hasil tersebut dikatakan signifikan. Penggunaan intake manifold tipe X dapat menghemat bahan bakar sebesar 4,75% dan menurunkan tingkat emisi gas buang CO dan HC masing-masing sebesar 26,64% dan 7,80%. Hasil emisi gas buang tersebut belum melewati ambang batang emisi yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu 4,5% untuk CO dan 2400 ppm untuk HC.

 

Intake manifold on a motorcycle serves as a conduit to channel the flow of air and fuel mixture into the cylinder homogeneous . X -type intake manifold is one of the variants of the intake manifold which is believed to create a homogeneous flow to the combustion chamber . Testing fuel consumption and exhaust emissions of CO and HC performed at 1400 rpm rotation , 1600 rpm , 1800 rpm , 2000 rpm , and 2200 rpm . By using the standard intake manifold and intake manifold of type X. Data collection was performed 3 times on each lap .

Research results obtained for five rounds on average significantly . Results of the study was calculated using the t test , the fuel consumption is obtained for t = 5.878 , CO and HC = 26.648 = 7.801 . Because t is greater than t table ( 2,132 ) , the results are said to be significant . The use of X -type intake manifold can save fuel by 4.75 % and lower exhaust emission levels of CO and HC respectively 26.64 % and 7.80% . Results of the exhaust emission has not passed the threshold of stem emissions set by the government at 4.5 % for CO and 2400 ppm for HC .


Full Text:

PDF