PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL THREE STAY ONE STRAY (TSOS) TERHADAP HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR (MA2U) KELAS X JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR (TSM) DI SMK NEGERI 1 UJUNGBATU

Hariri Priyanto -
Darman Darman -
Hasan Maksum -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajan kooperatif struktural Three Stay One Stray (TSOS) terhadap hasil belajar standar kompetensi Menggunakan Alat-Alat Ukur (MA2U) kelas X jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMK Negeri 1 Ujungbatu Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Dari hasil penelitian didapat rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol sebesar 70,63 dan kelas Eksperimen sebesar 84,5. Berdasarkan perhitungan uji-t untuk post test di kedua kelas sampel dengan α = 0,05 diperoleh t hitung = 6,067 dan t tabel = 1,697, sehingga t hitung > t tabel maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan apabila diterapkan metode pembelajaran Kooperatif Struktural Three Stay One Stray (TSOS) terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMK Negeri 1 Ujungatu.

 

Kata Kunci :     Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif TSOS Terhadap Hasil Belajar


Full Text:

PDF