RELEVANSI KOMPETENSI MATA KULIAH MOTOR BENSIN PROGRAM DIII TEKNIK OTOMOTIF DENGAN DUNIA KERJA OTOMOTIF DI KOTA PADANG

Ari Wirawan -
Daswarman Daswarman -
Donny Fernandez -

Abstract


Salah satu masalah yang mendasar dalam pendidikan kejuruan di Indonesia adalah relevansi pendidikan dengan dunia kerja. Bila efektifitas program pendidikan diukur dengan acuan pencapaian tujuan pendidikan, maka khususnya bagi pendidikan kejuruan, pengukuran relevansi pendidikan menjadi masalah yang sangat penting untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (relevansi) kesesuaian standar kompetensi tenaga teknik motor bensin program D3 Teknik Otomotif dengan dunia kerja Otomotif di Kota Padang.

Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu melakukan penyelidikan yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang dan mendapatkan informasi yang memberikan keterangan atau gambaran dari objek yang diteliti. Objek yang diteliti berupa standar kompetensi motor bensin program D3 Teknik Otomotif UNP Padang. Responden penelitian ini adalah pekerja atau mekanik yang ada dan tergolong pada daftar dunia otomotif yang peneliti lakukan di kota Padang.

Dari hasil analisis penelitian taraf relevansi (TR) antara kemampuan (kompetensi) motor bensin program D3 Teknik Otomotif UNP Padang dengan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja Otomotif di Kota Padang sebesar 27,27 % sangat relevan, 67,27 % relevan, 5,45 % kurang relevan dari jenis uraian sub kompetensi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kompetensi motor bensin program D3 Teknik Otomotif UNP Padang 94 % dari jenis uraian sub kompetensi sudah relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja otomotif yang ada di Kota Padang.

Full Text:

PDF