HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISTEM PENDINGIN KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 BATIPUH

Ahmad Nasri -
Martias Martias -
Irma Basri -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Batipuh pada mata pelajaran Sistem Pendingin. Motivasi belajar yang dimiliki siswa akan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh motivasi dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis meneliiti tentang : “Bagaimanakah hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran Sistem Pendingin siswa kelas X SMK Negeri 1 Batipuh”.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Batipuh yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pendingin. Penelitian ini bersifat korelasional, yang bertujuan mengetahui adanya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran sistem pendingin. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM), dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r dilakukan dengan menggunakan uji t, sehingga akan didapat hasil penelitian yang umum pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung (0,513) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (3,782 > 1,986) menunjukan taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sistem pendingin siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Batipuh.


Full Text:

PDF