HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH

Marta Candra -
Bahrul Amin -
M Nasir -

Abstract


Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis di SMK Negeri 2 Payakumbuh, masalah dalam  penelitian ini adalah motivasi belajar siswa masih rendah, hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung lebih banyak muncul aktivitas negatif dari siswa seperti bercanda dengan teman, tidur, dan banyak siswa yang sering keluar masuk kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Listrik Otomotif Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI  TKR SMK Negeri 2 Payakumbuh tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 49 orang. Dari analisis data diperoleh angka koefisien korelasi sebesar (r) = 0,444 berarti korelasinya cukup kuat  dan besarnya kekuatan hubungan dari kedua variabel adalah (t) = 3,785. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubungan motivasi siswa dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang berarti dan motivasi merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar.

This study originated from the observation and the observation author at SMK Negeri 2 Payakumbuh, the problem in this study was students' motivation is low, it is seen as the learning takes place over many appear negative activity of the students like to joke with friends, sleeping, and many students are often in and out of the classroom. This study aims to reveal the relationship of motivation to learn the results of student learning in Competency Standard Automotive Electrical Technical Skills Competency Class XI Light Vehicle SMK Negeri 2 Payakumbuh. Types of quantitative research methods Ex Post Facto. The population in this study was a class XI student of SMK Negeri 2 Payakumbuh TKR academic year 2011/2012 as many as 49 people. From the analysis of the data obtained by the correlation coefficient (r) = 0.444 means that the correlation is strong enough and the amount of strength of the relationship of the two variables are (t) = 3.785. Based on these results, we can conclude that the relationship with the learning outcomes of students motivation students have meaningful relationships and motivation are important factors that can influence learning outcomes.


 

Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, listrik otomotif.

 


Full Text:

PDF