PENGARUH SAAT PENGAPIAN TERHADAP EMISI GAS BUANG KARBON MONOKSIDA (CO) PADA MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH BERBAHAN BAKAR PERTAMAX

Dori Yuvenda -
Hasan Maksum -
Donny Fernadez -

Abstract


Lingkungan mempunyai peranan penting dalam kehidupan kita. Ketergantungan kita pada lingkungan tidak bisa kita mungkiri karena lingkungan adalah tempat kita untuk melakukan aktivitas. Lingkungan yang baik akan menunjang kelangsungan hidup manusia dan sebaliknya. Lingkungan yang bersih dan nyaman adalah kunci dari kesehatan manusia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisirpencemaran udara akibat dari emisi gas buang kendaraan adalah dengan cara mengatur saat pengapian yang pada kendaraan ber CC besar namun masih meiliki sistem pengapian konvensional dan perbandingan kompresi yang masih kecil dibawah 9,5:1 jika menggunakan bahan bakar yang tidak di spesifikasikan pabrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukanperbedaansaat pengapiantersebutterhadapemisi gas buangkendaraan (CO) pada kendaraan motor bensin empat langkah berbahan bakar pertamax.

Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan kendaraan yang digunakan adalah Kijang Grand Extra 1.8 tahun 1996 . Selanjutnya saat pengapian akan di remapping dengan beberapa variasi saat pengpian. Kemudian dilakukan pengukuran kandungan gas Karbon Monoksida (CO) pada putaran 750 rpm, 1500 rpm, dan 2500 rpm. Dimana pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali pengulangan.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa remapping saat pengapian menimbulkan perbedaan pada emisi gas Karbon Monoksida (CO). Tingkat kandungan gas Karbon Monoksida (CO) yang paling rendah adalah pada sudut 5° (Sebelum TMA) pada motor bensin empat langkah berbahan bakar pertamax. Berdasarkanujistatistik (uji-t) diketahuiterdapatperbedaan yang signifikanpada emisi gas buang COpada motor bensin empat langkah. Padavariasi (remapping) persentase penurunanemisi gas COlebihbanyak adalahpada saat pengapian 5° (Sebelum TMA) yaitu 1.194 % (vol)

Kata Kunci : Remapping saat pengapian, Emisi gas buang


Full Text:

PDF