HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X JURUSAN TKR SMK NEGERI I LEMBAH MELINTANG

Taufik Rahmad -
Faisal Ismet -
Donny Fernadez -

Abstract


Penelitian ini berawal dari pengamatan yang penulis lakukan saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Rendahnya hasil belajar siswa mata diklat gambar  teknik kelas X jurusan TKR SMK Negeri 1 Lembah Melintang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya baik faktor eksternal maupun internal. Untuk melihat hubungan dan seberapa kuat hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan fasilitaas belajar dengan hasil belajar pada mata diklat gamabar teknik siswa kelas X jurusan TKR SMK  Negeri 1 Lembah Melintang”. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TKR SMK Negeri 1 Lembah Melintang yang berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 29 November 2012. Data fasilitas belajar diperoleh dari angket dalam bentuk skala likert sebanyak 51 item. Untuk uji validitas butir angket menggunakan rumus  product moment  dimana terdapat 40 item yang valid dan 11 item yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas angket menggunakan metode Alpha Cronbach dimana tingkat reliabilitas instrumen dalam kategori sangat kuat. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata rapor semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat diuji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r  hitung> r  tabel (0,6140 > 0,329) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel (4,536 > 2,042) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar pada mata diklat gambar teknik siswa kelas X Jurusan TKR SMK Negeri I Lembah Melintang.  Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Hubungan

Full Text:

PDF