HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PERBAIKAN SISTIM REM TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI KELAS XI SMK N. 1 GUGUK TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran perbaikan sistem rem siswa kelas XI Otomotif SMKN 1 Guguk. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu kebiasaan belajar sebagai variabel X dan hasil belajar perbaikan sistem rem siswa sebagai variabel Y. Untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa digunakan beberapa dimensi yang dapat menjabarkan kedua variabel tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk menginterprestasikan data dan menghitung besar korelasi yang dimilikinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomotif SMKN 1 Guguk yang berjumlah 62 orang. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan pendapat Surakhmad (1994) sehingga diperoleh sampel 32 orang. Uji coba instrumen dilakukan terhadap siswa Kelas XI Otomotif 1 SMKN 1 Guguk yang berjumlah sebanyak 32 orang, untuk menentukan validitas angket digunakan rumus Product Moment dengan bantuan program SPSS versi.15 sehingga diperoleh pernyataan tidak valid nomor 10, 16, 20, 25, 27, dan 34. Untuk menentukan reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbbach yang di bantu menggunakan program SPSS versi.15 diperoleh harga rhitung 0,925 dengan rtabel = 0,349 artinya instrumen penelitian sangat reliabel. Hasil penelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,442 dimana harga rtabel = 0,369, karena rtabel < rhitung maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar perbaikan sistem rem siswa kelas XI Otomotif 1 SMKN 1 Guguk, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi sedang. Kata Kunci : motivasi, kebiasaan belajar, hasil belajar, matapelajaran chasis, siswa SMK