HUBUNGAN MINAT BERWIRASWASTA DENGAN HASIL BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PADANG

Jerry Benhelmi -
Faisal Ismet -
Donny Fernadez -

Abstract


Penelitian ini berawal dari observasi yang penulis lakukan di SMK Negeri 1 Padang. Rendahnya Hasil Belajar Produktif Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Minat merupakan faktor yang datang dari dalam diri siswa sendiri yang berupa dorongan dan keinginan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Hal yang dilakukan untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh minat berwiraswasta dan seberapa kuat hubungannya dengan hasil belajar, maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat Hubungan Minat Berwiraswasta dengan Hasil Belajar Produktif Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang.

Penelitian ini bersifat korelasional yang bertujuan mengungkapkan Hubungan Minat Berwiraswasta dengan Hasil Belajar Produktif Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1Padang 72 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Data minat berwiraswasta diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan angket penelitian dilakukan tanggal 18 April sampai dengan tanggal 18 Mei 2013. Analisis data menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM).

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung> r tabel (0,7827 >0,304) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel (7,9532>1,671) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat berwiraswasta dengan hasil belajar produktif siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang.

Full Text:

PDF