HUBUNGAN MINAT SISWA UNTUK MASUK PERGURUAN TINGGI DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF KELAS 3 TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 PADANG

Firman Septiadi -
Faisal Ismet -
M Nasir -

Abstract


Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat di SMK Negeri 5 Padang. Rendahnya Hasil Belajar Pada Mata Diklat Produktif Kelas 3 Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu diluar diri. Minat terhadap sesuatu dipelajari dan mempengaruhi belajar selanjutnya serta mempengaruhi penerimaan minat-minat baru.Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh Minat Masuk Perguruan Tinggi dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan antara Minat Siswa Untuk Masuk Perguruan Tinggi dengan hasil belajar pada mata diklat Produktif kelas 3 Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang”.

 

Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Minat Siswa Untuk Masuk Perguruan Tinggi dengan hasil belajar pada mata diklat Produktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 52 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 35 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data Minat Masuk Perguruan Tinggi diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dilakukan tanggal 17 Desember 2012 sampai dengan tanggal 23 Desember 2012 yang dilaksanakan di SMK Negeri 8 Padang. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

 

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,7175 > 0,297) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (3,49655 > 2,035) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Masuk Perguruan Tinggi dengan hasil belajar pada mata diklat Produktif kelas 3 Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang.

 

Kata Kunci : Minat Masuk Perguruan Tinggi, Hasil Belajar, Hubungan

Full Text:

PDF