HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM KELISTRIKAN SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

Feri Fernandes -
Bahrul Amin -
Donny Fernadez -

Abstract


Rendahnya hasil belajar pada mata diklat produktif siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sawahlunto, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Minatberwirausahapada proses pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Minatberwirausaha merupakansesuatu yang memperlancar proses pembelajaran dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh minatberwirausahadan seberapa kuat pengaruhnya dengan hasil belajar siswa. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “TerdapatHubungan antara MinatBerwirausahaDengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran ProduktifKelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Sawahlunto”.

Penelitian ini bersifat korelasi, tujuan penelitian adalah untuk melihat minat siswa dengan hasil belajar siswa pada mata diklat produktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sawahlunto yang berjumlah 66 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari dua kelas yaitu kelas XI TKR 1 dan XI TKR2 sebanyak 66 orang. Data ini diperoleh dari penyebaran angket. angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dilakukan tanggal 6 mei 2013 sampai dengan tanggal 21mei 2013 pada populasi yang berada di luar sampel penelitian. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskripsi data, ujipersyaratan, ujihipotesis.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi antara Minat berwirausaha (X) dengan hasil belajar mata pelajaran produktif (Y) yaitu sebesar 0,805 dengan α = 0,05. Koefisien korelasi (r hitung) lebih besardari r tabel product moment (0,805 > 0,344).Dapat di simpulkan bahwa minat berwirausaha (X) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa pada matapelajaran produktif.

Full Text:

PDF