HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEMUDI, REM DAN SUSPENSI SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN

Abdul Halim -
Faisal Ismet -
Irma Basri -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata diklat Kemudi, Rem dan Suspensi siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pemilihan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 35 orang dengan subjek penelitian siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi nilai akhir semester. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0, 4173 > 0,334) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (2,6383> 1,691) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar  dengan hasil belajar mata diklat Kemudi, Rem dan Suspensi siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif  Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.

Full Text:

PDF