Analisa Pengaruh Groundstrap Pada Karakteristik Tegangan Kabel Busi Sepeda Motor
Abstract
The purpose of this research is to increase perform of ignition system by fixing Groundstrap which made from Copper and Aluminum in spark plug cable. This research is descriptive method research which knowing the differences of using Groundstrap. From the result of this research, it obtained that spark plug cable that made from Groundstrap(Aluminum and Copper) has influenced to the characteristics of transien voltage spark plug cable in Yamaha Jupiter Z motorcycle. By using Copper of Groundstrapcould decrease greater of voltage, from4000 RPM, 6000 RPM and 8000 RPM rotation to be -81,85%, -87,20%, and -94,80%. While in Aluminum of Groundstrapfrom 4000 RPM rotation decreased to be -76,90% of voltage , in 6000 RPM rotation decreased to be -60,17% and in 8000 RPM rotation increased to be -63,31%. Using of Groundstrapalso has impact to the ignition quality. The ignition while using Groundstrapwould be stable.
Key words: Groundstrap, Spark Plug Cable, Characteristics of Voltage
Tujuan penelitin ini untuk meningkatkan performa pada sistem pengapian dengan pemasangan Groundstrap berbahan Tembaga dan Almunium pada kabel busi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif mengetahui perbedaan penggunaan Groundstrap. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa kabel busi yang menggunakan Groundstrap (Almunium dan Tembaga) berpengaruh terhadap karakteristik tegangan Transien kabel busi sepeda motor Yamaha Jupiter Z. Penggunaan Groundstrap Tembaga dapat menurunkan tegangan lebih besar, pada putaran 4000 RPM, 6000 RPM dan 8000 RPM yaitu menurun -81,85%, -87,20%, dan -94,80%. Sedangkan pada Groundstrap Almunium pad putaran 4000 RPM penurunan tegangan sebesar -76,90% pada putaran 6000 RPM kembali turun menjadi -60,17% dan pada saat putaran 8000 RPM meningkat -63,31%. Penggunaan Groundstrap juga berpengaruh terhadap kualitas pengapian. Pengapian pada saat menggunakan Groundstrap menjadi lebih stabil.
Kata kunci : Groundstrap, Kabel Busi, Karakteristik Tegangan.
Full Text:
PDFReferences
Anggarif Romadhoni (2012). “Pengaruh Penggunaan Ignition Booster Pada Kabel Busi Dan Penambahan Metanol Pada Bahan Bakar Premium Terhadap Emisi Gas Buang CO Dan HC Pada Honda Supra X Tahun 2007. Surakarta: UNS.
Irma Yulia Basri (2013), Simulasi dan Analisis Error Komputasi FFT Winogard 16-titik Menggunakan Xilinx ISE 10.1.
Jalius jama dan Wagino (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Khabiburrahman, dkk (2017). Pengaruh Variasi Bahan dan Jumlah Lilitan Groundstrap Terhadap Medan Magnet Pada Kabel Busi Sepeda Motor.
M. Agus shidiq (2016). Analisa Groundstrap Kabel Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Daya Mesin Motor Bensin 4 Tak
Remon Lapisa dkk, (2017), An experimental study on the effect of centrifugal cluth cooling groove on motor cycle performance.
Rahmat Isnandi, dkk (2014). “Pengaruh Pemasangan Groundstrap Dengan Variasi Diameter Kawat Kumparan Pada Kabel Busi dan Variasi Ignition Timing Terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2007.
Wardan Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Widoyoko, Eko Putra (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.