Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbaikan Kelistrikan Kendaraan ringan Di Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Padang
Abstract
This study discusses the relationship between student's perceptions of the demonstration method on student learning outcomes in subjects of Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan in class XI of light vehicle engineering Departmen at Vocatonal High School 1 PadangThis Research focus to reveal the magnitude of the relationship between student's perceptions of the demonstration method on student learning outcomes in subjects of Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan in class XI of light vehicle engineering Departmen at Vocatonal High School 1 Padang. The type of this research is descriptive correlational research. The population in this study are class XI students at SMK Negeri 1 Padang as many as 68 students. While the sampling technique of this study is simple random sampling. The sample in the study are 41 students of class XI at Vocatonal High School 1 Padang. Data are analyzed using Microsoft Exel 2007 and SPSS version 24. Based on the data analysis of the research results obtained correlation coefficient r count> r table (0.450> 0.312) and for the correlation significance test obtained t count> t table (2.245> 1.683) at a significant level 5 %. Then it can be concluded that there is a positive and significant relationship between students' perceptions of the demonstration method on student learning outcomes in light vehicle electrical repair subjects in class XI of light vehicle engineering major at SMK Negeri 1 Padang.
Keywords: Perception, Demonstration Method, Learning Outcomes
Penelitian ini membahas tentang Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Perbaikan Kelistrikan Kendaraan Ringan Di kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Padang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya hubungan persepsi siswa tentang metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perbaikan kelistrikan kendaraan ringan di kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Padang sebanyak 68 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian adalah 41 orang siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Padang . Data dianalisis dengan menggunakan Microsoft Exel 2007 dan Program SPSS versi 24. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung> r tabel (0,450>0,312) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung> t tabel (2.245 > 1,683) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perbaikan kelistrikan kendaraan ringan di kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Padang
Kata kunci : Persepsi,Metode demonstrasi,Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
UUSPN No. 20 Tahun (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah RI.
Joni Andre, Martias Martias, Donny Fernandez, “Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Yang Dimiliki Guru Mata Diklat Gambar Teknik Kelas XI SMK Negeri 1 Palembayan.” Vol 1, No 1 2018 Education Series
Miftah Toha. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Wakhinuddin S., Merencanakan pembelajaran teknik otomotif : dari prinsip pembelajaran ke strategi pembelajaran, Padang : UNP Press, 2010.
Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran kreatif dan inovatif. Jakarta : Av Publisher, 2009.
Saputra, Dedi, Faisal Ismet, and Martias Martias, "Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Mata Diklat Las Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 8 Padang." Automotive Engineering Education Journals 1.1, 2014.
Departemen Pendidikan Nasional .
Wahyu Ilham, “Hubungan Metode Demonstrasi dengan Hasil Belajar Mata Diklat Las Listrik di Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 2 Batusangkar.” Skripsi Universitas Negeri Padang, Padang 2012.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2017.
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Priyatno, Buku paham Analisis Statistik Data Dengan. SPSS. Yogyakarta : Mediakom, 2010.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2010. Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurrahman Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.
Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurrahman Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.