PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN PENGISIAN BERBASIS SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Rahmat Nofianto - Universitas Negeri Padang
Andrizal Andrizal - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran interaktif sistem stater berbasis software Lectora Inspire, yang dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara di SMK Muhammadiyah 1 Padang bahwa belum ada media yang dapat mendukung siswa untuk melakukan kegaiatan belajar dan mengevaluasi kemampuan pencapaian kompetensi secara mandiri. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D), dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penilaian terhadap kualitas kelayakan produk pada aspek materi oleh ahli materi memperoleh rerata total skor akhir 4,6 dengan kategori sangat baik, pada aspek media oleh ahli media memperoleh rerata total skor akhir 4,8 dengan kategori sangat baik, dan tingkat pencapaian praktikalitas media interaktif pada uji coba lapangan sebesar 89,46% dengan kategori paktis.

 

Kata Kunci

Media Pembelajaran Interaktif, Software Lectora Inspire, ADDIE, Validitas dan Praktikalitas.

 

ABSTRACT

 

This research discusses about the development of interactive learning media of stater system with Lectora Inspire software-based, based on observation and interviewed in SMK Muhammadiyah 1 Padang, there is no media that could support students to conduct learning activities and evaluate the ability of independent competency achievement. This research has used the research and development methods (R & D), with ADDIE development model. The results showed, the assessment of the quality of product feasibility on the material resulted in the average of total final score of 4.6 with very good category, on media aspects by media experts resulted in the average of total final score of 4.8 with very good category, and the level of achievement of interactive media practicality in field trials was 89,46% with practical category.

 

Keywords

Interactive Learning media, Lectora Inspire Software, ADDIE, Validity and Practicality


Full Text:

PDF

References


Warsita, Bambang (2008), “Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinyna”, Hal: 10, Rineka Cipta : Jakarta.

Sadiman, Arief, dkk, (2012), “Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan”, Hal : 17-18 , Rajawali : Jakarta.

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi (2008), “Media Pembelajaran”, Hal : 7, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI: Bandung.

Aqib, Zainal (2013), “Mode-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual”, Hal : 50, CV Yrama Widya: Bandung.

“Cheng (2009), Pengertian Multimedia Interaktif”http://www.pengertianmenurut paraahli.net/pengertian-interaktif/

Ariani, Niken dan Haryanto, Dani (2010), “Pembelajaran Multi Media Di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif”, Hal : 95, Prestasi Pustaka Publisher: Jakarta.

Sudjana, N dan Rivai, A (1992), “Media Pengajaran”, Hal : 2, CV Sinar Baru: Bandung.

Sudarmaji, Andy, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire untuk Mata Pelajaran Sistem AC Di SMK N 2 Klaten”, JPTO, Hal : 133-139, 2015.

Mas’ud, Muhamad (2012), “Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora”, Hal :1, Pustaka Shonif: Yogyakarta.

“Mulyatiningsih (2016), Pengembangan Model Pembelajaran” http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf.

Sukardi (2011), “Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya”, Hal :31, Bumi Aksara: Jakrta.

Sugiyono (2016), “Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)”, Hal :177, Alfabeta: Bandung.

“Fauzan, Ahmad, (2012) Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools” http://doc.utwente.nl/58707/1/thesis_Fauzan.pdf.

Sugiyono (2016), “Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)”, Hal : 30, Alfabeta: Bandung.

Sudijono, Anas (2012), “Pengantar Evaluasi Pendidikan”, Hal : 329, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Riduwan (2013), “Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula”, Hal : 98, Alfabeta: Bandung.

Sanjaya, Wina (2008), “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Hal : 207, Kencana: Jakarta.