UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATA DIKLAT PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK KOSGORO 1 PADANG

Mital Candra - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin S - Universitas Negeri Padang
Irma Basri - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian membahas tentang pengaruh metode pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar mata diklat pekerjaan dasar teknik otomotif siswa SMK Kosgoro 1 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat pekerjaan dasar teknik otomotif melalui penerapan metode pembelajaran inquiry kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMK Kosgoro 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau yang lebih dikenal dengan (Classroom Action Reseach), yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar, berupa suatu tindakan, dengan sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama, yang dilakukan oleh guru atau arahan dari guru yang dilakukan siswa, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X Otomotif Teknik Kendaraan Ringan tahun masuk 2017/2018 yang terdiri dari satu kelas, adapun jumlah seluruh siswa kelas X teknik kendaraan ringan di SMK Kosgoro 1 Padang tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda dan objektif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktifitas belajar siswa, pada siklus I hanya 51,26 % dengan kategori “cukup” dan pada siklus II persentase aktifitas belajar siswa meningkat menjadi 71,24 % dengan kategori “baik”, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 79,19 menjadi 82,22 pada siklus II dan persentase ketuntasan siswa pada siklus I hanya 60 % belum mencapai intervensi tindakan yang diharapkan yaitu 80 %. Pada siklus II persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan menjadi 81,11 % telah melebihi intervensi tindakan yang diharapkan yaitu 80 %. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat pekerjaan dasar teknik otomotif  siswa kelas X TKR SMK Kosgoro 1 Padang.

Kata Kunci

Metode Inquiry, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

 

The study discusses the influence of inquiry learning method to the learning result of the training subject of basic work of automotive engineering students of SMK Kosgoro 1 Padang. The purpose of this study is to determine the improvement of student learning outcomes in the eyes of the basic automotive engineering job training through the application of classroom inquiry method X Class Automotive Engineering Department SMK Kosgoro 1 Padang. This type of research is Classroom Action Research or better known as (Classroom Action Reseach), which is a reflection of learning activities, in the form of an action, deliberately raised and occurs in a class together, which is done by the teacher or the direction of the teacher made students, research subjects in this study are class X Automotive Engineering Vehicle Lightweight year entered 2017/2018 consisting of one class, while the number of all students class X light vehicle engineering in SMK Kosgoro 1 Padang 2017/2018 academic year amounted to 30 people. The research instrument is the observation sheet of student activity and the test result of learning is in the form of multiple choice and objective. Based on the result of the research, it is found that the students activity activity in cycle I is only 51,26% with the category "enough" and in cycle II the percentage of student learning activity increase to 71.24% with the category of "good", the average grade value has increased in cycle I at 79.19 to 82.22 in cycle II and the percentage of students' completeness in the first cycle only 60% has not reached the desired action intervention is 80%. In cycle II the percentage of students' completeness increased to 81.11% has exceeded the expected action intervention of 80%. Thus it can be concluded there is an increase in student learning outcomes in the eyes of the basic work of automotive engineering students class X TKR SMK Kosgoro 1 Padang

Keywords

Method Inquiry, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dr. M Sobry Sutikno. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Gulo. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hidayati. (2011). Pendekatan Inquiry, Problem Salving Dan Sains Teknologi dan Masyarakat(STM).

Jihad, Asep. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Insani Madani.

Muhammad Uzer Usman. (2009). Menjadi Guru Propesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Masalah Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

. (2009). Konsep aan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Masalah Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2005). Metode Statika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Wakhinuddin, S. (2010). Merencanakan Pembelajaran Teknik Otomotif.Padang: UNP Press.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.