PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 1 PADANG

Irsyad Irsyad - Universitas Negeri Padang
Andrizal Andrizal - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Padang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran cd interaktif dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode belajar biasa atau ceramah dan untuk memperbaiki cara berfikir dan keterampilan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik otomotif sepeda motor semester 1 Juli-Desember 2017 SMK Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk objektif. Tes berjumlah 25 butir soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya, untuk menguji hipotesis menggunakan uji t kesamaan dua rata-rata.thitung  (3,40)>ttabel  (2,01063)danpersentasepengaruh9,22%.Darihasilpenelitiandiperolehnilai rata-ratahasilbelajarkelaseksperimen83,36dan76,32untukkelaskontrol.Dengandemikian dapatdisimpulkanada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajara Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Padang

KataKunci:Media Pembelajaran CD Interaktif, MotodeCeramah,Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

 

 

This study discussesThe Effect of Interactive CD Learning Media on Student Learning Outcomes in the Eye Training of Light Electric Vehicle Maintenance Class XI Automotive Engineering Program of SMK Negeri 1 Padang. The purpose of this research is to know the difference of student learning result which is taught by using group discussion study method with student learning result taught by ordinary study method or lecture and to improve student's thinking and communication skill. This research type is quantitative approach with experiment method, this research population is student of class X motor vehicle automotive technique semester 1 July-December 2017 SMK Negeri 1 Tarusan Lesson Year 2017/2018, which amounts to 50 people. The instrument of this research is objective test result of learning. The test amounted to 25 items of questions that have been tested for validity and reliability, to test the hypothesis using a two-t equality test. tcount (3,40)> ttable (2,01063) and percentage of effect 9,22%. From the research result, it is got the mean value of experimental class learning result 83,36 and 76,32 for control class. Thus it can be concluded there is The Effect of Interactive CD Learning Media on Student Learning Outcomes in the Eye Training of Light Electric Vehicle Maintenance Class XI Automotive Engineering Program of SMK Negeri 1 Padang.

 

Keywords:Group Discussion Method, Lecture Method, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman. (2009). Media Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB).Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Munir. (2008). KurikulumBerbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

OemarHamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman A. M.(2010).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

OemarHamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2013).Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenadamedia

Yusufhadi Miarso. (2004). Riset Tindakan Untuk Disertasi. Jakarta: UNJ.