HUBUNGAN MINAT KEJURUAN DENGAN KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA MAHASISWA TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Harmen Harmen - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang hubungan minat kejuruan dengan kesiapan memasuki dunia kerja, yang dilatar belakangi pada masalah minat kejuruan mahasiswa terhadap dirinya sebagai seorang mahasiswa yang menyebabkan rendahnya kesiapan memasuki dunia kerja mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara minat kejuruan dengan kesiapan memasuki dunia kerja mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Otomotif angkatan 2014 dan 2015 sebanyak 73 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane untuk menentukan jumlah sampel, jumah sampel dalam penelitian ini adalah 43 orang mahasiswa. Data minat kejuruan mahasiswa dan kesiapan memasuki dunia kerja diperoleh melalui angket yang telah dinyatakan valid dan reliabelnya. Jenis analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi Product Moment. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa minat kejuruan mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, perlu ditingkatkan lagi agar kesiapan memasuki dunia kerja lebih baik, angka koefisien korelasi yang didapat ( ) = 0,616 lebih besar dari ( ) = 0,301 dan angka keberartian koefisiensi korelasi dari kedua variabel diperoleh ( ) = 6,36696 lebih besar dari ( ) = 2,01954 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat kejuruan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kesiapan memasuki dunia kerja.

Kata Kunci: Minat Kejuruan, Kesiapan Memasuki Dunia Kerja

 

ABSTRACT

This study discusses the relationship of vocational interest with the readiness to enter the world of work, which is based on the problem of student's vocational interest towards him as a student causing low readiness to enter the student work world. The purpose of this study is to reveal the relationship between vocational interest with the readiness to enter the working world of students of Automotive Engineering Faculty of Engineering, State University of Padang. The type of this research is descriptive and correlational research. Population in this research is student of Automotive Engineering class of 2014 and 2015 as many as 73 people. The sampling technique in this study was stratified random sampling using Taro Yamane formula to determine the number of samples, the number of samples in this study were 43 students. Data of vocational interest of students and readiness to enter the work world obtained through questionnaire that has been declared valid and reliable. The type of data analysis used is Product Moment correlation formula. The result of data analysis shows that the interest of vocational students of Automotive Engineering Faculty of Engineering State University of Padang, need to be improved again so that the readiness to enter the work world better, the correlation coefficient obtained (r_hitung) = 0.616 is greater than (r_tabel) = 0,301 and the significance value of correlation coefficient of both variables obtained (t_count) = 6,36696 bigger than (t_tabel) = 2,01954 with significant level 5%. Based on the results of this study, it can be concluded that vocational interests have a positive and significant relationship with the readiness to enter the world of work.

Keywords: vocational interests, working readiness


Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baron, Robert A dan Byrne, Donn. 2003. Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Bloom, Benjamin S. 1956. Taxonomy Of Educational Objectives. New York: Longmans, Green and Co.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2014. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Santrock, John W. 2007. Remaja Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiji suwarno. 2009. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

UNP. 2014. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: UNP