IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER ANGKATAN 2017 MAHASISWA JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Muhammad Sabri - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Karakter atau shoft skill merupakan faktor utama penentu keberhasilan seseorang dalam hidup karena karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Seiring dengan berjalannya waktu karakter yang menjadi suatu identitas dari bangsa Indonesia semakin lama semakin memudar. Hal ini banyak ditemukannya nilai-nilai karakter negatif di dunia pendidikan, kampus salah satunya seperti ditemukannya beberapa kasus mahasiswa yang mencuri, menyontek, tidak mengumpulkan tugas, melawan kepada dosen dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif yang mengambil mata kuliah Listrik Elektronika Dasar tahun masuk 2017 yang berjumlah 66 orang. Data diolah dengan teknik persentase.

Temuan penelitian mengungkapkan bahwa indikasi kecenderungan karakter mahasiswa Teknik Otomotif mata kuliah Listrik Elektronika Dasar Fakultas Terknik Universitas Negeri Padang diperoleh data sebagai berikut karakter mahasiswa S1 maupun Mahasiswa D3 berdasarkan diskripsi data dari instrument angket tergolong tinggi dan nilai karakter mahasiswa S1 memiliki persentase lebih tinggi 2% sampai 10% dari persentase nilai karakter mahasiswa D3 dengan rincian data sebagai berikut nilai kejujuran mahasiswa S1 berada pada kategori tinggi sebesar 97,1 % dan sedang 2,9 % dan mahasiswa D3 juga berada pada kategori tinggi sebesar 93,5 % dan sedang 6,5 % ; nilai disiplin mahasiswa S1 berada pada kategori tinggi sebesar 85,7 % dan sedang 14,3 % dan mahasiswa D3 juga berada pada kategori tinggi sebesar 83,1 % dan sedang 16,1 % ;nilai kerja keras mahasiswa S1 berada pada kategori tinggi sebesar 97,1 % dan sedang 2,1 % dan mahasiswa D3 juga berada pada kategori tinggi sebesar 87,1 % dan sedang 12,9 % ;nilai tanggung jawab mahasiswa S1 berada pada kategori tinggi sebesar 94,3 % dan sedang 5,7 % dan mahasiswa D3 juga berada pada kategori tinggi sebesar 87,1 % dan sedang 12,9 % ;nilai bersahabat (komunikatif) mahasiswa S1 berada pada kategori tinggi sebesar 97,1 % dan sedang 2,9 % dan mahasiwa D3 juga berada pada kategori tinggi sebesar 96,5 % dan sedang 3,2 %.

Kata Kunci : Karakter, Mahasiswa, Pendidikan

 

ABSTRACT

 

Character or soft skill is a key determinant of one's success in life because character is the values of human behavior related to God Almighty, self, fellow human being, environment, and nationality embodied in thoughts, attitudes, feelings, words, and acts based on religious norms, law, etiquette, culture, and customs. As time passes the character becomes an identity of the Indonesianincreasingly faded. It is foundmany values of negative characters in education world, for instance, in the campusthere are found some cases of students who steal, cheat, do not collect duties, against the lecturer and so forth. This research uses descriptive quantitative method. The population of this study is students of the Department of Automotive Engineering who take Basic of Electric Electronicscourse year 2017 which numbered 66 people. Data is processed by percentage technique.

The findings of the study revealed that the tendency indicationof studentcharacter of Automotive Engineering studentswho take Basic of Electric Electronicscourse Faculty of Engineering State University of Padang obtained data as follows the character of undergraduate students (S1) and Diploma students(D3) based on data descriptions of the questionnaire instrument is high and S1 student character score haspercentage2% until10% higherthan the percentage of D3 student character values with the following data as follows: the value of honesty of undergraduate students (S1) is in the high category of 97.1% and moderate 2.9% and D3 students are also in the high category of 93.5% and moderate 6.5 %; the discipline value of undergraduate students (S1) is in the high category of 85.7% and moderate 14.3% and the D3 students are also in the high category of 83.1% and modetare 16.1%; the hard work of undergraduate students (S1) is in the high category 97.1% and moderate 2.1% and D3 students are also in the high category of 87.1% and moderate 12.9%; responsibility value of undergraduate students (S1) is in high category equal to 94,3% and moderate 5,7% and student of D3 also in high category equal to 87,1% and moderate 12,9%; friendly value (communicative) S1 students is in category high of 97.1% and moderate 2.9% and D3 students are also in the high category of 96.5% and 3.2%.

Keywords: Character, Student, Education


Full Text:

PDF

References


Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Riduwan. (2015). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti muda. Bandung : Alfabeta

Subana, M. (2001). Dasar – dasar penelitian ilmiah. Bandung : Pustaka Setia.

Universitas Negeri Padang. (2016). STATUTA Universitas Negeri Padang BAB IV Nomor 27 tentang sistem pengelolaan. Padang..

Yahyakhan, D. (2110). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi publising.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung : CV Alvabeta.

Yusuf, A.M.(2005). Metodologi penelitian : dasar-dasar penyelidikan ilmiah. Padang. UNP Press.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara RI. Jakarta.