PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR OTOMOTIF KELAS X SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH

Eldi Lianda - Universitas Negeri Padang
Irma Basri - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak


Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar-dasar Otomotif di SMK Negeri 2 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan simple random sampling, sebagai kelas kontrol adalah X TKR 1, dimana pada kelas ini menerapkan model pembelajaran ceramah dan sebagai kelas eksperimen adalah X TKR 2 menerapkan model pembelajaran Cooperativ Learning Tipe Number Heads Togther (NHT).Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan
uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 77,16, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 71,00. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung > t tabel yaitu (2,250 > 1,697), karena t hitung besar dari t tabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat pengaruh hasil belajar dengan menerapakan model pembelajaran Cooperativ Learning Tipe Number Heads Togther (NHT) sebesar 6,75%.

Kata kunci
Hasil belajar, model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Number Head Together (NHT), model pembelajaran ceramah.

 

Abstrack
The problem in this study is the low learning outcomes of learners on the subject of Automotive Basics in SMK Negeri 2 Sungai Penuh. This type of research is experimental research. Sampling with probability sampling technique with simple random sampling, as the control class is X TKR 1,
where in this class apply learning model of lecture and, as experiment class is X TKR 2 apply learning model Cooperativ Learning Type Number Heads Togther (NHT) .Technique collecting data from the final value of learning outcomes, then analyzed for homogeneity test, normality test
and hypothesis test. From the experimental class research result get the average value 77,16, while the control class get the average value 71,00. Result of hypothesis calculation at significant level α= 0,05 got titung> ttable that is (2,250> 1,697), because big tcount of ttable, null hypothesis (H0) rejected and alternative hypothesis (Ha) accepted. Based on the calculation of the percentage of experimental class learning result and control class, there is influence of learning outcomes by applying learning model Cooperative Learning Type Number Heads Togther (NHT) of 6.75%.

Keywords
Learning outcomes, Cooperative Learning model type Head Head Together (NHT), learning model
lecture.


Full Text:

PDF

References


Djamarah. (2014). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta.

Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. (2001). Proses

Belajar Mengajar.

Jakarta. PT Bumi Aksara.

Harun Rasyid dan Mansyur. (2009).

Penilaian hasil belajar.

Bandung. Wacana prima.

Lie, Anita. 2010. Cooperative

Learning. Jakarta: Grasindo.

Ibrahim, Muslim dkk. 2001.

Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:

UNESA.

La Iru (2012). Pembelajaran

Kontekstual. Jakarta. PT.

Bumi Aksara

]7]Zainal. (2014). Model-model

pembelajaran Kuantitatif

dan Kualitatif. Jakarta.

Rineka cipta.

Putri, Eka R . (2009). Pengaruh

Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif

Tipe Numbered Heads

Together (NHT) Disertai

Gambar Berwarna

Terhadap Hasil Belajar

Biologi Siswa Kelas X

Semester II SMAN 2

Tarusan Kabupaten

Pesisir Selatan Tahun

Pelajaran 2008/2009”.

Padang. Universitas

Negeri Padang.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif –

Progresif. Jakarta:

Kencana.