PEMBUATAN REAKTOR ELEKTROLYZER SEBAGAI UPAYA PENGHEMATAN BAHAN BAKAR DAN PENURUNAN KADAR EMISI GAS BUANG HC DAN CO PADA TOYOTA KIJANG 5K

Farda Gojandra - Universitas Negeri Padang
Bahrul Amin - Universitas Negeri Padang
M Nasir - Universitas Negeri Padang

Abstract


Intisari

Ketergantungan akan bahan bakar fosil telah membawa masyarakat pada keadaan dimana harus mengekploitasi sumber bahan bakar fosil yang masih tersisa di alam. Sehingga sumber energi ini sudah semakin langka dan mengalami kenaikan harga tiap tahunnya. Lebih dari seabad yang lalu, orang sudah mengembangkan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan. Energi tersebut ialah berupa hidrogen yang terdapat di air. Prinsipnya kita hanya perlu menguraikan senyawa air menjadi unsur pembentuknya yaitu H2O menjadi Hidrogen dan Oksigen. Untuk melakukan pemisahan unsur air ini ialah melalui proses elektrolisis.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan pengujian tanpa menggunakan tambahan reaktor elektroliser dan menggunakan reaktor elektroliser untuk menghasilkan gas hidrogen. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan besar konsumsi bahan bakar terjadi penurunan. Penurunan yang terjadi yaitu sebesar 25,47% pada putaran 800 rpm, 17,17% pada putaran 1500 rpm dan 12,69% pada putaran 2300 rpm. Pada gas CO dan HC juga terjadi penurunan saat pemakaian reaktor elektroliser ini. Untuk gas CO penurunannya sebesar 19,42% pada putaran 800 rpm, 17,01% pada putaran 1500 rpm dan 11% pada putaran 2300 rpm. Sedangkan untuk gas HC penurunannya sebesar 31,34% pada putaran 800 rpm, 20,24% pada putaran 1500 rpm dan 18,98% pada putaran 2300 rpm.

 

Kata kunci: Hidrogen, Air, Elektrolisis

Abstract

Dependence on fossil fuels has led to the situation where the people have to exploit fossil fuel sources that are still left in the wild. So that the source of this energy is more scarce and prices rise every year. More than a century ago, people have developed a fuel that is more environmentally friendly alternative. This energy is in the form of hydrogen contained in water. In principle we only need to describe compounds of water into its constituent elements, namely H2O into Hydrogen and Oxygen. To perform this separation is the element of water through electrolysis.

This study uses experimental research. By testing without the use of additional electrolysis reactor and reactor uses electrolysis to produce hydrogen gas. From the results of a large study conducted found a decrease in fuel consumption. The decline in the amount of 25.47% at 800 rpm rotation, 17.17% at 1500 rpm rotation and 12.69% at 2300 rpm rotation. In gas CO and HC also decreased when using this electrolysis reactor. For CO gas by 19.42% decline in the round of 800 rpm, 17.01% at 1500 rpm rotation and 11% at 2300 rpm rotation. As for the HC gas by 31.34% decline in the round of 800 rpm, 20.24% at 1500 rpm rotation and 18.98% at 2300 rpm rotation.

 

Keywords: Hydrogen, Water, Electrolysis

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Charles, W. Keenand. (1993). Ilmu Kimia Untuk Universitas jilid I. Jakarta: Erlangga

College of the Desert. (2001). Hydrogen Fuel Cell and Related Technologies. USA

I Gusti Bagus Wijaya Kusuma. (2002). Alat Penurun Emisi Gas Buang Pada Motor, Mobil, Motor Tempel Dan Mesin Pembakaran Tak Bergerak. Jurnal Makara, Teknologi. (Vol. 6, no.3). Halaman 95-101.

Jalius Jama, dkk. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Jalius Jama, dkk. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Poempida Hidayatullah dan F. Mustari. (2008). Rahasia Bahan Bakar Air. Jakarta: Ufuk Press.

Raymond Chang. (2004). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Restu Indra Waskto (2012). Analisis Penggunaan Gas Hidrogen Hasil Elektrolisis Air Pada Motor Bakar 4 Langkah Yang Diinjeksikan Setelah Karburator Dengan Variasi Lubang Mixer. Jakarta: UI

RM.Bagus Irwan & Muhammad Subri. (2005). Unjuk Kemampuan Catalytic Converter Dengan Katalis Kuningan Untuk Mereduksi Gas Hidro Carbon Motor Bensin. Jurnal Traksi. (Vol.3, No.2). Halaman 90.

Stone, Richard & Ball, Jeffrey. K. (2004). Automotif Engineering Fundamentals. Amerika : United States Of Amerika.

Srikandi. (1992). Polusi Air dan Udara. Yogyakarta: Kanisius.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Tim Penyusun UNP. (2009). Buku Panduan Penelitian Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.

Toyota (1972). Materi Pembelajaran Engine Grup Step 2. Jakarta: PT Toyota Astra Motor.

Toyota Astra Motor (1981). Toyota Pedoman Reparasi Mesin Seri K. Jakarta: PT Toyota Astra Motor.

Wardan Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta: Dikti

Wisnu Arya Wardhana. (2004). Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Andi Offset.