PERBEDAAN PENGGUNAAN SARINGAN UDARA RACING MEREK KOSO POWER G2 DENGAN SARINGAN UDARA STANDAR DI TINJAU DARI PEMAKAIAN BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG CARBON MONOXIDE (CO) PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER MX TAHUN 2011

Eka Putra - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin Wakhinuddin - Universitas Negeri Padang
Darman Darman - Universitas Negeri Padang

Abstract


Intisari— Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif telah memberikan sarana yang mendukung serta kebebasan bagi konsumen untuk memilih produk-produk teknologi yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu pengembangan modifikasi yang sekarang ini cukup banyak diterapkan adalah penggunaan berbagai macam saringan udara. Salah satunya pemakaian saringan udara racing merek koso Power G2 pada Yamaha Jupiter Mx Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 juli 2014 dengan menggunakan Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dilakukan pada putaran 1400 Rpm, 1800 Rpm, 2200 Rpm, 2600 Rpm, dan 3000 Rpm. Hasil penelitian, untuk pengaruh penggunaan saringan udara racing merek koso power G2 dibanding dengan saringan udara standar ditinjau dari pemakaian bahan bakar diperoleh t hitung = 19.26  > t tabel 2.920 %, hipotesis diterima pada taraf signifikan 5%, emisi gas buang CO sebesar diperoleh t hitung 9.78 > t tabel  2.920 %, hipotesis diterima pada taraf signifikan 5%.

Kata kunci— Jenis Saringan udara, Konsumsi Bahan bakar, Emisi gas buang.

 

Abstract— Technological developments in the automotive world has provided a means of supporting and freedom for consumers to choose technology products that suit the needs. One of the development of this modification is now quite widely applied is the use of a wide range of air filters. One of them is the use of racing brand air filter koso Power G2 in Yamaha Jupiter Mx 2011. This study uses experimental research. This study was conducted on 15 July 2014 using Motorcycle Yamaha Jupiter MX. For testing fuel consumption and exhaust emissions CO performed at 1400 rpm rotation, 1800 rpm, 2200 rpm, 2600 rpm and 3000 rpm. The results of the research, to influence the use of racing air filter koso power G2 compared with standard air filters in terms of fuel consumption obtained t = 19:26> t table 2,920%, the hypothesis was accepted at the 5% significance level, emissions of CO was obtained t 9.78> t table 2,920%, the hypothesis was accepted at the 5% significance level.

Keywords— typeOf The Spark Plug, Fuel Consumption, Exhaust Emission.


Full Text:

PDF

References


Daryanto.(2003). Dasar-dasar Teknik Mobil. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto.(2004). Sistem Pengapian Mobil. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djojodiharjo, harijono.(1983). Mekanika Fluida. Jakarta: Erlangga.

David, K. Iynkaran & Tandy.J. (1993).Basic Thermodynamics Applications And Pollution Control.Singapore : Ngee Ann Polytechnic.

Eka Yogaswara.(2007). Motor Bakar Torak. Bandung: Armico.

Helman. 2002. Perbandingan Penggunaan Saringan Udara racing Merek Posh Dan Saringan Udara Standar Terhadap Pemakaian Komsumsi Bahah Bakar Dan Emisi Gas Buang Karbon Monoksida Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit Tahun 2005. Skripsi tidak diterbitkan.Padang UNP.

Jalius Jama, dkk. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

.

Jalius Jama, dkk. (2009). Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Lipson, Carles & Sheth, Narendra.J. (1973).Stastistical Design And Analysis Of Engineering Experiments. Tokyo Japan : McGraw – Hill Kogakhusa, Ltd.

Kementrian Lingkungan Hidup. (2012). Status Lingkungan Hidup Indonesia 2012. Jakarta.

Marsudi.(2010). Teknisi Otodidak Sepeda Motor. Yogyakarta: Andi Offset.

MICC Motor Sport.(2014). Filter Udara Racing Tarikan Galak.http://www.motorplus-online.com diakses 21 Mei 2014.

Peningkatan Penjualan Yamaha. http://m.tempo.com.(Diakses Tanggal 15 Februari 2014).

Pulkrabek, Willard W. (2004). Engineering Fundamental of the Internal Combustion Engine second edition.New Jersey: Pearson Prentice-Hall.

Republika.(2014). Target Penjualan Sepeda Motor Terlampaui.http://www.republika.co.id diakses 21 Mei 2014.

Srikandi (1992), Polusi air & udara.Yogyakarta : Kanisius (Anggota IKAPI).

Soemarsono.(2012). Motor Bensin Moderen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2000). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunyoto,dkk. (2008). Teknik Mesin Industri Jilid 2.Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Suyanto, Wardan. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun UNP. (2010). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skiripsi Uniiversitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang

Toyota. (1972). Materi Pelajaran Engine Group Step 2. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

Toyota. (1995). Materi Pelajaran Engine Group Step 1.Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

Toyota. (1996). Training Manual Emission Control System. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

Wardan Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin.Jakarta: Depdikbut, Dirjen Pendidikan Tinggi PPLPTK