PENGARUH PELEPASAN THERMOSTAT TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TOYOTA KIJANG 5K

Destra Amni - Universitas Negeri Padang
Bahrul Amin - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang

Abstract


 

Temperatur gas dalam ruang pembakaran bisa mencapai 2500oC, sehingga mesin memerlukan sistem pendinginan agar suhu kerja mesin tercapai pada 82o-93oC, akan tetapi over heating bisa terjadi akibat panas berlebih, kesalahan fatal yang dilakukan mekanik beberapa bengkel yaitu melepaskan thermostat agar tidak terjadi lagi over heating. Thermostat dirancang untuk mempertahankan agar temperatur cairan pendingin dalam batas yang diijinkan atau suhu mesin tetap pada suhu kerja. Thermosat berfungsi apabila temperatur air masih rendah, thermsostat menutup saluran dan by pass valve membuka. Air pendingin dipompa ke blok silinder melalui kepala silinder, selanjutnya kembali ke pompa air melalui sirkulasi by pass. Saat temperatur air pendingin menjadi tinggi, maka thermostat membuka saluran air dan by pass valve menutup. Air yang telah panas mengalir keradiator untuk didinginkan,selanjutnya melalui thermostat kembali ke pompa air.

Dilapangan, mekanik melepas thermostat pada mesin Toyota Kijang 5K karena mekanik beranggapan bahwa sesuai dengan survei di lapangan adanya over heating beberapa bengkel melepaskan thermostat yang bertujuan tidak terjadi lagi over heating dan mesin selalu dingin. Dengan dilepasnya thermostat ini tentu akan berdampak terhadap konsumsi bahan bakar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan pada tanggal 5 Juli 2014, dengan menggunakan Mesin Toyota Kijang 5K, untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada putaran mesin 800 rpm, 1100 rpm, 1400 rpm, 1700 rpm dan 2000 rpm. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelepasan thermostat dapat menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 10,05%. Perhitungan t-tes diperoleh t hitung pada RPM 800 adalah 18,929, RPM 1100 adalah 12,344, RPM 1400 adalah 26,695, RPM 1700 adalah 26,263 dan RPM 2000 adalah 21,032. Lebih besar dari pada ttabel 2,920. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima dengan taraf signifikan 5%.

 

Kata Kunci : Pelepasan Thermostat, thermostat, dan konsumsi bahan bakar.

 

The gas temperature in the combustion chamber can reach 2500oC, so the engine cooling system requires that the working temperature of the engine is achieved at 82o-93 ° C, but over heating can occur due to excessive heat, which made the fatal error of some workshops ie mechanical thermostat to avoid releasing again over heating . Thermostat is designed to keep the coolant temperature within the allowable limits or engine temperature remains at working temperature. Thermostat works when the water temperature is still low, and the channel closes thermsostat by pass valve open. Cooling water is pumped through the cylinder block to the cylinder head, then back to pump water through the circulation by pass. When the cooling water temperature is high, then the thermostat opens the water channel and by pass valve closes. Hot water has to be cooled flows keradiator, then through the thermostat back to the water pump.

Field, removing mechanical thermostat on Toyota 5K engine because of mechanical assume that according to the survey at any over-heating field several workshops aimed at removing the thermostat does not happen again over heating and engine is always cold. With the release of this thermostat would have an impact on fuel consumption.

This study uses experimental research. Testing was conducted on July 5, 2014, using the Toyota engine 5K, for fuel consumption testing is done at rpm 800 rpm, 1100 rpm, 1400 rpm, 1700 rpm and 2000 rpm. The result showed that the release of the thermostat can increase fuel consumption by 10.05%. T-test calculations obtained at t 800 is a 18,929 RPM, RPM 1100 is 12,344, 1400 is 26,695 RPM, RPM 1700 is 26.263 and the RPM 2000 is 21,032. Greater than 2,920 ttable. Thus, the hypothesis put forward previously received a significant level of 5%.

 

Keywords: Release of the thermostat, thermostat,and fuel consumption


Full Text:

PDF

References


Abdul Latief Had dan Eko Haryono. (2012). Kinerja Mesin Diesel Akibat Pemasangan Thermostat pada Nanchang Type 2105A- 3. Laporan Penelitian. Universitas Hasanudin Makasar.

Arends, BPM., & H. Berenschot. (1980). Motor Bensin (Voorschoten.

Terjemahan). Penerbit Erlangga, Jakarta.

Arismunandar, Wiranto. (2002). Penggerak Mula Motor Bakar Torak, edisi kelima cetakan sesatu. Bandung: ITB

Bonnick, Allan. (2008). Automotive Science and Mathematic. Oxford: Elsevier.

David, R. Lynkarn &Tandy. J. (1993). Basic Thermodynamics Applications and Pollution Control. Singapore: Ngee Ann Polytechnic.

Fathun Muharto, dkk. (2008). Pemeliharaan Sistem Pendingin dan Komponen-Komponennya. Sukamaju Depok: Arya Duta.

__________________. (2008). Perbaikan Sitem Pendingin dan Komponen-Komponennya. Sukamaju Depok: Arya Duta.

Hasan Maksum dkk. (2012). Teori Motor Bakar. Padang: UNP Press

Jalius Jama dan Wagino. (2008). Teknologi Sepeda Motor Jilid 1 dan 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

. (2008). TeknologiSepeda Motor Jilid 2. Jakarta: DirektoratPembinaan SMK.

. (2008). TeknologiSepeda Motor Jilid3. Jakarta: DirektoratPembinaan SMK.

Marsudi. (2010). Teknisi Otodidak Sepeda Motor. Yogyakarta: Andi Offset.

Mathur, M.L. , R. P. Sharma. (1980). A Course in Internal Combustion Engines. Delhi: J. C. Kapur.

Nana Sutresna. (2008). Kimia Buku Pelajaran untuk Kelas XI. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Pulkrabek, Willard W. (2004). Engineering Fundamental of the Internal Combustion Engine second edition. New Jersey: Pearson Prentice-Hall

Saft7.com. Suhu Tepat, BBM Hemat. Pada http://www.saft7.com/suhu-tepat-bbm-hemat/ (Diakses tanggal 12 Maret 2014).

Saftari. (2005). Majalah Autobild Edisi 16 Juli-29 Juli 2005. Pada http://www.saft7.com. (diakses tanggal 12 Maret 2014)

Stockel, Martin W. (1978). Auto Mechanics Fundamentals. Copyright: The Goodheart-willcox co. Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitati dan R&D. Bandung: alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sunyoto,dkk. (2008). Teknik Mesin Industri Jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Tim Penyusun UNP. (2009). Buku Panduan Penelitian Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.

Toyota. (1972). Materi Pembelajaran Engine grup Step 2. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

Toyota Astra Motor. (1981). Toyota Pedoman Reparasi Mesin Seri K. Jakarta Utara: PT. Toyota Astra Motor.

Wahyu Hidayat. (2012). Motor Bensin Modern. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardan, Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta: Depdikbud

Yesung Allo Padang. (2012). “Uji Eksperimental Konsumsi

Bahan Bakar Mesin Berbahan Bakar Biodiesel

Minyak Kelapa Hasil Metode Kering”. (Vol. 1

No.2). Hal. 3.