PENGARUH PROSES KARBONASI TERHADAP KEKERASAN SPROKET IMITASI SEPEDA MOTOR

Arvan Aziz - Universitas Negeri Padang
Daswarman Daswarman - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


Intisari— Sproket merupakan salah satu komponen sepeda motor yang terbuat dari baja.untuk meningkatkan kekerasannya dapat diberikan perlakuan panas seperti Karbonasi. Pengaruh  perlakuan panas karbonasi adalah Merupakan  proses pemanasan baja pada suhu kritis (temperatur  C). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses karbonasi terhadap kekerasan pada sproket imitasi dengan cara perlakuan panas.

Hasil uji kekerasan setelah proses karbonasi pada waktu tahan 30 menit menunjukkan peningkatan kekerasan dengan nilai kekerasan 320,8 BHN, waktu tahan 2 jam dengan nilai kekerasan 431 BHN, dan waktu tahan 4 jam dengan nilai kekerasan 502 BHN, dibandingkan dengan kekerasan awal specimen sebelum diberi perlakuan panas sebesar 270,2 BHN .

Berdasarkan anasis di atas dapat disimpulkan bahwa sproket imitasi yang di karbonasi dengan waktu tahan 30 menit, 2 jam, dan 4 jam terjadi peningkatan kekerasan yang signifikan dimana nilai  thitung yang berada diatas nilai ttabel pada taraf  signifikansi 5%.

Kata kunci— Karbonasi, Waktu tahan, Sproket

 

Abstract— Sprocket is one component of a motorcycle made from baja.untuk increase hardness heat treatment can be given as Carburizing. Effect of heat treatment is the carbonation is a process of heating the steel at the critical temperature (temperature  C. This study aims to determine the effect of the violence on the carburizing process sprocket imitation by means of heat treatment.

Hardness test results after the carburizing process on hold time 30 minutes showed an increase in hardness with 320.8 BHN hardness value, holding time 2 hours with 431 BHN hardness value, and holding time 4 hours with 502 BHN hardness value, compared with the initial hardness specimens before given heat treatment of 270.2 BHN.

Anasis Based on the above it can be concluded that the sprocket imitation in carburizing with a hold time of 30 minutes, 2 hours, and 4 hours of going on a significant increase in violence which count is above the value of t-table at 5% significance level.

 

Keywords— Carburizing, Holding Time, Sprocket.

Full Text:

PDF

References


Alexander, W.O. dkk. (eds). (1991). Dasar Metelurgi Untuk Rekayasawan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Amanto, Hari dan Daryanto. (2003). Ilmu Bahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anas Sudiyono. (2003). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baumer ing, B.J.M.. (1994). Ilmu Bahan Logam Jilid I. Jakarta: PT. Bhratara Niaga Media.

Callister Jr, William D. (2007). Materials Science and Engineering. United States of America.

Daswarman. (2012). Serial Material Teknik Dasar-Dasar Pemilihan Bahan. Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Djaprie, Sriati (1999). Metalurgi Fisik Modern dan Rekayasa Material (R.E. Smallman dan R.J. Bishop. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Djaprie, Sriati (1993). Teknologi Mekanik Jilid I (B.H. Amstead.,Phillip F. Ostwald, dan Myron L. Begeman.Terjemahan ). Jakarta: Erlangga

Eddy D. Hardjapamekas. (1994). Pengetahuan Bahan Dalam Penegrjaan Logam (Schonmetz. Terjemahan). Bandung: Percetakan Angkasa.

Eka R. M. A. P. Lilipaly dan Leslie. S. Lopies. (2011). “Analisis Nilai Kekerasan Baja S-35C Dalam Proses Karburasi Padat Memanfaatkan Tulang Sapi Sebagai Katalisator Dengan Variasi Waktu Penahanan.” Jurnal Teknologi. 8(II). Hlm. 936-943.

Haroen. (1984). Teknologi Untuk Bangunan Mesin Bahan-Bahan 1 (G.L.J Van Vliet. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Joko Septiawan.GE. (2013). Perilaku Sifat Baja Karbon Sedang Dengan Pembakaran Arang Kayu dan Arang Tempurung Kelapa. Padang. Universitas Negeri Padang.

Kramer, Hans dan Scharnagl, johann. (1997). Pengetahuan Bahan Untuk Industri. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Syamsul Arifin. (1984). Ilmu Logam III. Padang: Pusat Media Pendidikan FPTK IKIP.

Tata Surdia dan Shinroku Shaito. (2005). Pengetahuan Bahan Teknik. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Tim penyusun. (2009). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: Depdiknas UNP.

Tim penyusun BPS (2014). Jumlah Kendaraan Bermotor. Badan Pusat Statistik (Diakses tanggal 5 juni 2013. Jam 6.30 WIB.)

Tim penyusun FAO. 2014. Kadar karbon arang (http://www.fao.org Diakses tanggal 15 januari 2014. Jam 6.30 WIB.)

Tim Penyusun Alatuji. Jenis alat uji kekerasan (http://www.alatuji.com. Diakses tanggal 13 September 2013. Jam 21.00 WIB.)