HUBUNGAN MINAT SISWA MASUK PERGURUAN TINGGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA DIKLAT PRODUKTIF PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 TANJUANG BARU KABUPATEN TANAH DATAR
Abstract
Penelitian ini didasari dari hasil observasi di SMK N 1 Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar, Rendahnya hasil belajar siswa kelas XII pada mata diklat produktif program studi teknik kendaraan ringan, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi, dan diantara faktor tersebut minat masuk perguruan tinggi negeri menjadi faktor penyebabnya . Adanya minat siswa melanjutkan sekolah kejenjang perguruan tinggi akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan Hubungan Minat Siswa Masuk Perguruan Tinggi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Diklat Produktif Program Studi Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar . Jenis penelitian ini adalah kuantatif, populasinya adalah siswa kelas Kelas XII TK yang berjumlah 72 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa kesimpulan: Dari hasil analisis data diperoleh harga koefisien (r) 0,437 dan rtabel 0,304. oleh karena r hitung > r table (0,437 > 0,304) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara minat siswa masuk perguruan tinggi dengan hasil belajar siswa kelas XII pada mata diklat produktif program sttudi teknik kendaraan ringan di SMK N 1 Tanjuang Baru.
Kata kunci— Minat Siswa Masuk Perguruan Tinggi, Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1992. Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,Suharsimi. 2006 . Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta. Rineka cipta.
.1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek(Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
.1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono.1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Depdikbud. 1991. Kurukulum Sekolah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Program Pasca Sarjana : UNJ.
Djamarah, Syaiful Bahri.2011. Psikologi Belajar. jakarta: Rineka Cipta.
.1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Effendi, Usman. 1984. Pengantar Psikologi . Bandung: Angkasa
Husein Umar. (1999). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Irianto, Agus. (2007). Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Riduwan. 2006. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Riduwan.2008. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta
Silvermen.2006. Hubungan Minat Siswa Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Produktif di SMKN 8 Padang. Skripsi tidak diterbitkan: FT-UNP
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana.1992. Metode Statistika .Bandung: Transito.
Sudjana, Nana.2006. Metode Statistika .Bandung: Transito.
Sudjana, Nana.2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian. Bandung: CV.Alfabeta
Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Rosda Karya
Supranto, J. (2001). Statistik (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Erlangga.
Suryabrata, Sumadi.1990. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi .Jakarta: Andi Offset.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
UNP. 2007. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Walgito, Bimo.1977. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta.