HUBUNGAN MINAT SISWA MASUK PERGURUAN TINGGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA DIKLAT PRODUKTIF PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 TANJUANG BARU KABUPATEN TANAH DATAR

Ainul Ainul - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Erzeddin Alwi - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini didasari dari hasil observasi di SMK N 1 Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar, Rendahnya hasil belajar siswa kelas XII pada mata diklat produktif program studi teknik kendaraan ringan, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi, dan diantara faktor tersebut minat masuk perguruan tinggi negeri menjadi faktor penyebabnya . Adanya minat siswa melanjutkan sekolah kejenjang perguruan tinggi akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan Hubungan Minat Siswa Masuk Perguruan Tinggi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Diklat Produktif Program Studi Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar . Jenis penelitian ini adalah kuantatif, populasinya adalah siswa kelas Kelas XII TK yang berjumlah 72 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah  proporsional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa kesimpulan: Dari hasil analisis data diperoleh harga koefisien (r) 0,437 dan rtabel 0,304. oleh karena r hitung > r table (0,437 > 0,304) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara minat siswa masuk perguruan tinggi dengan hasil belajar siswa kelas XII pada mata diklat produktif program sttudi teknik kendaraan ringan di SMK N 1 Tanjuang Baru.

Kata kunciMinat Siswa Masuk Perguruan Tinggi, Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1992. Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto,Suharsimi. 2006 . Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta. Rineka cipta.

.1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek(Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

.1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono.1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depdikbud. 1991. Kurukulum Sekolah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Program Pasca Sarjana : UNJ.

Djamarah, Syaiful Bahri.2011. Psikologi Belajar. jakarta: Rineka Cipta.

.1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Effendi, Usman. 1984. Pengantar Psikologi . Bandung: Angkasa

Husein Umar. (1999). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Irianto, Agus. (2007). Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.

Riduwan. 2006. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Riduwan.2008. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta

Silvermen.2006. Hubungan Minat Siswa Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Produktif di SMKN 8 Padang. Skripsi tidak diterbitkan: FT-UNP

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana.1992. Metode Statistika .Bandung: Transito.

Sudjana, Nana.2006. Metode Statistika .Bandung: Transito.

Sudjana, Nana.2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian. Bandung: CV.Alfabeta

Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Rosda Karya

Supranto, J. (2001). Statistik (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Erlangga.

Suryabrata, Sumadi.1990. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi .Jakarta: Andi Offset.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

UNP. 2007. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Walgito, Bimo.1977. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta.