PENGARUH PENGGUNAAN KATALISATOR BROQUET DI DALAM TANGKI BAHAN BAKAR TERHADAP KOSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR HONDA REVO

Suryadi Suryadi - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia. Meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor mempengaruhi kebutuhan bahan bakar minyak ( BBM ). Katalisator Broquet yang dibuat oleh seorang insinyur kebangsaan Inggris bernama Patrick Henry Broquet pada tahun 1941. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan pada tanggal 18 Mei 2016, dengan menggunakan Sepeda motor Honda Revo Tahun 2010. Dilakukan pada putaran 2000, 2500 dan 3000 RPM. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan rata-rata konsumsi bahan bakar tertinggi pada sepeda motor yang tidak menggunakan Broquet maupun yang menggunakan Broquet yaitu pada RPM 3000. Konsumsi bahan bakar tersebut yaitu sebesar 0,264 L/jam yang tidak menggunakan Broquet dan 0,276 L/jam menggunakan Broquet. Rata-rata konsumsi bahan bakar terendah untuk sepeda motor yang tidak menggunakan Broquet maupun yang menggunakan Broquet yaitu pada RPM 1500, dimana konsumsi tidak menggunakan Broquet yaitu sebesar 0,148 L/jam sedangkan menggunakan Broquet yaitu sebesar 0,152 L/jam.

 

Kata kunci : Broquet, Konsumsi Bahan Bakar, Sepeda Motor.

Motorcycles are the most widely used means of transportation by Indonesians. Increased use of motor vehicles affects the needs of fuel oil (BBM). Broquet's catalyst was made by a British national engineer named Patrick Henry Broquet in 1941. This study used experimental research methods. Testing was done on May 18, 2016, using Honda Revo Motorcycle Year 2010. Done in 2000, 2500 and 3000 RPM rounds. From the research results can be explained the average highest fuel consumption on motorcycles that do not use Broquet or that use Broquet is at RPM 3000. Fuel consumption is 0.264 L / hour that does not use Broquet and 0.276 L / h using Broquet. Average consumption of the lowest fuel for motorcycles that do not use Broquet or that use Broquet is at RPM 1500, where consumption does not use Broquet which is equal to 0.148 L / h while using Broquet is 0.152 L / hr.

 

Keywords: Broquet, Fuel Consumption, Motorcycle

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2004. Motor Bensin Pada Mobil. Bandung: Yrama widya.

Toyota. (1993). Materi Pelajaran Electrical Group Step 2: PT. Toyota Astra Motor.

Ratna Ediati, et al (2008). Kimia Untuk SMK Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembina SMK.

Suparni Setyowati Rahayu, el al (2008). Kimia Industri Untuk SMK Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembina SMK.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.