PENGARUH VARIASI COIL SISTEM PENGAPIAN SUZUKI SATRIA FU 150 TAHUN 2012 TERHADAP TORSI DAN DAYA
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat di bidang transportasi berdampak pada peningkatan minat masyarakat untuk mendapatkan unjuk kerja terbaik khususnya pada sepeda motor. Dalam dunia otomotif untuk meningkatkan unjuk kerja sepeda motor bisa dilakukan dengan mengaplikasikan dari sistem pengapian, seperti menambahkan komponen pada sistem dengan perlakuan variasi coil. Dengan harapan dapat meningkatkan performa mesin, berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka didapatkan rata-rata daya dan torsi tanpa perlakuan (coil standard) dan dengan perlakuan (coil racing). Daya rata-rata tanpa menggunakan perlakuan pada putaran mesin RPM 9000 sebesar 14,60 HP, sedangkan daya rata-rata menggunakan variasi coil racing pada putaran mesin 9000 RPM sebesar 14,63 HP, daya rata-rata meningkat sebesar 0,03 HP (0,205%). Torsi rata-rata tanpa menggunakan perlakuan pada putaran mesin 7500 RPM sebesar 11,89 N.m sedangkan torsi rata-rata menggunakan coil racing pada putaran mesin 7500 RPM sebesar 12,43 N.m, dengan demikian torsi rata-rata meningkat sebesar 0,61 N.m (4,54%).
Kata Kunci: Variasi Coil, Daya dan Torsi.
The rapid development of technology in the field of transportation has an impact on the increase of public interest to get the best performance especially on motorcycles. In the automotive world to improve motorcycle performance can be done by applying from the ignition system, such as adding components to the system with the treatment of coil variations. With the hope of improving engine performance, based on the results of research that has been obtained then obtained the average power and torque without treatment (coil standard) and with the treatment (coil racing). Average power without using treatment at RPM 9000 engine speed is 14.60 HP, while average power use coil racing variation at 9000 RPM engine speed of 14.63 HP, average power increased by 0.03 HP (0.205 %). The average torque without using treatment at 7500 RPM engine rotation of 11.89 Nm while the average torque using coil racing at 7500 RPM engine rotation of 12.43 Nm, thus the average torque increased by 0.61 Nm (4 , 54%).Keywords: Variations of Coil, Power and Torque.
Full Text:
PDFReferences
Arends, Berenschot. 1980. Motor Bensin. Jakarta : Erlangga
Daryanto. 2013. Prinsip Dasar Mesin Otomotif (Bekal Keterampilan bagi Pemula). Bandung : CV. Alfabeta.
Jama, Jalius & Wagino. 2008. Teknologi sepeda motor jilid 2. Jakarta. Diktorat Pembinaan SMK.
John, B. Hheywood. 1988. Internal Combustion Engines Fundamental. New York : McGraw-Hill
Marlindo, Marlon 2012. Jurnal racing, Performance www.racing.perfomance.marlon.malindo.com (diakses tanggal 20 agustus 2017)
Nugroho, Amien. 2005. Ensiklopedi Otomotif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
R.S Northop. 1995. Service Auto Mobil. Bandung : C.V Pustaka Setia.
Subroto. 2007. Pengaruh Penggunaan Koil Racing Terhadap Unjuk Kerja Pada Motor Bensin. Jurnal ilmiah. Surakarta
Wiratmaja. 2010. Perbedaan Peforma Motor Berbahan Bakar Premium 88 dan motor Berbahan Bakar Pertamax 92. Semarang: Universitas Negeri Semarang.