PENGARUH VARIASI OVERSIZE PISTON TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR YAMAHA MIO SPORTY

Karan Supriadi - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang
Toto Sugiarto - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Oversize piston terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor  Yamaha Mio Sporty. Penelitian ini dirumuskan masalah seberapa besar perngaruh oversize piston tersebut pada konsumsi bahan bakar sepeda motor  Yamaha Mio Sporty. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari oversize piston terhadap konsumsi bahan bakar pada Yamaha Mio Sporty. Penelitian ini menggunakaan metode penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan pada tanggal 10, 12, dan 15 Agustus 2017 di Workshop/Laboratorium Otomotif Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) buah piston, diantaranya Piston Standar (50 mm x 57,9 mm), Piston Oversize 50 (50,5 mm x 57,9 mm), dan Piston oversize 100 (51 mm x 57,9 mm), serta 1 (satu) unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty. Pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada putaran mesin 1500 rpm, 2500 rpm, dan 3500 rpm. Pada tiap-tiap piston dilakukan 3 (tiga) kali percobaan. Serta, pada tiap-tiap percobaan perlakuannya sama, kecuali pengukuran temperatur kerja mesin yang hanya dilakukan pada awal pengujian saja (awal pengujian rpm 1500, 2500, serta 3500 untuk tiap-tiap piston). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa konsumsi bahan bakar sepeda motor Yamaha Mio Sporty setelah menggunakan Piston Oversize 50 dan dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar pada saat menggunakan Piston Standar yaitu, pada putaran 1500 rpm menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,01341 kg/jam (9,57 %) dari konsumsi bahan bakar yang menggunakan Piston Standar, 2500 rpm menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,014155 kg/jam (7,66 %), dan 3500 rpm menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,02674 kg/jam (9,86 %), serta rata-rata keseluruhan rpm, yaitu menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,0181016667 kg/jam (9,032 %).Sedangkan konsumsi bahan bakar sepeda motor Yamaha Mio Sporty setelah menggunakan Piston Oversize 100 dan dibandingkan juga dengan konsumsi bahan bakar pada saat menggunakan Piston Standar yaitu, pada putaran 1500 rpm menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,02384 kg/jam (15,84 %) dari konsumsi bahan bakar yang menggunakan Piston Standar, 2500 rpm menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,036505 kg/jam (17,62 %), dan 3500 rpm menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,04768 kg/jam (16,32 %), serta rata-rata keseluruhan rpm, yaitu menaikkan konsumsi bahan bakar sebesar 0,0360083333 kg/jam (16,59 %).

Kata Kunci : Variasi Oversize Piston, Konsumsi Bahan Bakar.Mio Sporty.

This research aims to find out if there is a Oversize of the piston against the influence of the fuel consumption on the Yamaha Mio Sporty. This research was formulated the problem of how effect oversize piston any real effect on the fuel consumption of Yamaha Mio Sporty. The hypothesis of the research is there is the influence of the piston oversize fuel consumption on a Yamaha Mio Sporty. This research using their experimental research methods. The research was done on the August 10th, 12th, and 15th 2017 in Workshop/laboratory of Automotive department Engineering Faculty of Padang State University. This research uses three (3) of the piston, including the Standard Piston (50 mm x 57.9 mm), Oversize Piston 50 (50.5 mm x 57.9 mm), and Oversize Piston 100 (51 mm x 57.9 mm), as well as 1 (one) unit a motorcycle Yamaha Mio Sporty. Fuel consumption testing at 1500 rpm, 2500 rpm, and 3500 rpm. On each piston conducted three (3) times the experiment. As well, in each experiment the same moderate, except for the measurement of the temperature of the machine work is only done at the beginning of the test (stationary test rpm 1500, 2500, and 3500 for each piston). Results of research that has been done, it can be noted that fuel consumption Yamaha Mio Sporty after using Oversize Piston 50 and compared with fuel consumption while using the Standard Piston that is, on 1500 rpm raise fuel consumption amounted to 0.01341 kg/h (9.57%), 2500 rpm 0.014155 kg/h (7.66%), and 3500 rpm 0.02674 kg/h (9.86%), as well as the overall average rpm, i.e. raising the fuel consumption amounted to 0.0181016667 kg/h (9.032%). After using Oversize Piston 100 and compared well with fuel consumption while using the Standard Piston that is, at 1500 rpm raise fuel consumption of 0.02384 kg/h (15.84%), 2500 rpm 0.036505 kg/h (17.62%), and 3500 rpm 0.04768 kg/h (16.32%), as well as the average the entire rpm, i.e. raising the fuel consumption amounted to 0.0360083333 kg/h (16.59%).

Keywords : Variation of Piston Oversize, Fuel Consumption, Mio Sporty.


Full Text:

PDF

References


AM Faqih Khamdi. 2015. Pengaruh Modifikasi Bore-Up dan Stroke-Up terhadap Kinerja Motor Bensin Empat Langkah Kapasitas 200 cc. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (Skripsi).

Boentarto. (2005). Cara Pemeriksaan, Penyetelan, Perawatan Sepeda Motor. Yogyakarta: Andi Offset

Daryanto. 1999. Pengetahuan Komponen Mobil. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Eka Yogaswara. (2007). Motor Bakar Torak. Bandung: Armico.

H.N. Gupta. 2013. Fundamental of Internal Combustion Engine. Delhi : PHI Learning Private. Ltd.

Jalius Jama & Wagino. 2008. Teknologi sepeda motor. Jakarta: Direktur Pembinaan SMK.

Lijan Poltak Sinambela. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Lipson, Carles & Sheth, Narendra. J. 1973. Static Design And Analysis Of Engineering Exprements. Tokyo Japan : Mc Graw – Hill Kogaklusa, Ltd.

Marsudi (2010). Teknisi Otodidak Sepeda Motor Belajar Teknik & Perawatan Kendaraan Ringan Mesin 4 TAK. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurman Martafi Romadhon. 2013. Pengaruh Variasi Volume Silinder (Bore Up) ddan Sudut Pengapian terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah. Jember. Universitas Jember. (Skripsi)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Toyota. 1995. Materi Pelajaran Engine Group Step 2. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

Wardan Suyanto. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Yamaha Mio Automatic Petunjuk Service 5TL-F8197-EO.

http://motorbore-up.blogspot.co.id/2015/07/cara-membuat-motor-mio-bore-up-untuk.html?m=1 (Diakses tanggal 26 Juli 2017 15:33).