PENGARUH PENINGKATAN PERBANDINGAN KOMPRESI TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN SEPEDA MOTOR HONDA BLADE 110 CC

Budi Wisesa -
Bahrul Amin -
Erzeddin Alwi -

Abstract


Intisari --- Perbandingan kompresi merupakan perbandingan antara total volume langkah ditambah dengan volume ruang bakar dibagi dengan volume ruang bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh peningkatan perbandingan kompresi terhadap emisi gas buang kendaraan sepeda motor Honda blade 110 cc. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan melakukan pengujian emisi pada kondisi perbandingan kompresi 9:1 dan 10,2:1. Hasil penelitian tersebut adalah peningkatan perbandingan kompresi mempengaruhi konsentrasi kadar emisi karbon monoksida dan hidrokarbon. Konsentrasi CO meningkat 16,35%, hal ini terjadi karena peningkatan perbandingan kompresi dapat meningkatkan tekanan dan temperatur pada silinder, sehingga mengakibatkan disosiasi molekul CO2­­ menjadi CO dan O­2. Sedangkan konsentrasi kadar HC meningkat 52,74%, hal ini terjadi karena peningkatan perbandingan kompresi dapat meningkatkan konsentrasi hodrokarbon, yang disebabkan oleh tekanan lebih besar dari total volume mesin sehingga proses pembakaran menjadi kurang sempurna.

Kata kunci --- Perbandingan kompresi, kadar emisi CO, kadar emisi HC.

Abstract --- The compression ratio is the ratio between the total volume measures coupled with a combustion chamber volume divided by the volume of the combustion chamber. This study aims to describe the effects of an increase in the compression ratio of the exhaust emissions of vehicles motorcycle Honda blade 110 cc. this research uses experimental methods, by doing a comparison on conditions of emission testing of compression from 9: 1 and 10.2: 1. The research results is an increase in compression ratio affect the concentration levels of carbon monoxide and hydrocarbon emissions. The concentration of CO is rising 16.35%, this occurs because of an increase in compression ratio can increase pressure and temperature on the cylinder, thus causing the dissociation of molecules of CO2 into CO and O2. While increased levels of concentration of HC 52,74%, this occurs because of an increase in compression ratio can increase the concentration of hodrokarbon, which is caused by the pressure is greater than the total volume of the engine so that the combustion process becomes less than perfect.

Keywords ---  comparison of compression,  CO emission levels, HC emissions level.


Full Text:

PDF