PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTO SALAK
Abstract
Full Text:
PDF (75-82)References
Susanah and T. . Janet, Strategi Pembelajaran Matematika.(Modul 7). Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
R. Mira, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Medan: Universitas Negeri Medan, 2011.
Djamarah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
S. Fadillah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika,” Pros. Semin. Nas. Penelitian, Pendidik. dan Penerapan MIPA Fak. MIPA, Univ. Negeri Yogyakarta. STKIP PGRI Pontianak., 2009.
M.Zulfikar.I.A, N. Achmad, and N. Fitriani, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MA di Kabupaten Bandung Barat pada Materi Barisan dan Deret,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 2, no. 6, pp. 1082–1761, 2018.
Rusman, Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
A. S. Dewi, “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Kota Solok,” Universitas Negeri Padang, 2020.
E. Y. Nasution, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang”, Skripsi,” Universitas Negeri Padang, 2021.
G. H. Arzi and S. Elniati, “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah,” J. Edukasi dan Penelit. Mat., vol. 12, no. 21, pp. 27–32, 2023, doi: 10.58258/jupe.v8i2.5367.
N. I. P. Putri and R. Sundayana, “Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Inquiry Learning,” Plusminus J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 157–168, 2021, doi: 10.31980/plusminus.v1i1.1034.
F. Fahrudin, A. Ansari, and A. S. Ichsan, “Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Hikmah, vol. 18, no. 1, pp. 64–80, 2021, doi: 10.53802/hikmah.v18i1.101.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jepm.v13i2.16074